The Panturas Sambut Tahun 2024 dengan Rencana Tur dan Album Baru

JAKARTA - Terbentuk sejak awal 2016, para personel The Panturas dengan antusias menyambut tahun kesembilan mereka bersama sebagai sebuah band yang mengusung musik surf rock.

Band beranggotakan Abyan (vokal, gitar), Ijal (gitar), Gogon (bass), dan Kuya (drum) itu menyebut tur keliling Indonesia menjadi salah satu agenda mereka di tahun 2024.

“Kita bakal ada tur. Awal tahun akan ada tur,” ujar Gogon saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan pekan lalu.

Tidak hanya tur, The Panturas juga memastikan untuk merilis album baru. Mereka bahkan siap mengusung konsep musik berbeda dengan lebih banyak memasukkan unsur karawitan Sunda.

“Kalau dari The Panturas sendiri, yang pasti album dan rilisan atua EP. Atau apa lah yang berkonsep Sunda,” ucap Gogon.

Pemain bass The Panturas itu mengatakan, dirinya dan tiga personel lain ingin ikut memperkenalkan kebudayaan Sunda dalam musik mereka. Sebagai band yang berasal dari Tanah Sunda, mereka ingin berkarya dengan melibatkan unsur kesenian lokal.

“The Panturas udah ada plan buat ngebawa budaya Sunda. Di karya kita yang belum rilis, kita itu pengin memperkenalkan budaya Sunda dan musik tradisi Sunda ke orang-orang,” kata Gogon.

“Sebenarnya kita udah ada satu rilisan yang nggak kita rilis di digital. Jadi, selanjutnya akan ada rilisan dari The Panturas,” lanjutnya.

Lebih jauh. The Panturas juga berharap bisa tampil di sebuah panggung bersama musisi-musisi tradisional Sunda.

“Kalau bawain materi Sunda itu di konser, penginnya kita bawa semua pemain musik tradisinya gitu. Kalau bisa bakal keren banget sih,” tandas Gogon.