Google Bakal Perbarui Tombol ‘Berhenti Berlangganan’ di Situs Web Gmail

JAKARTA – Sejak tahun 2014, Google telah menambahkan fitur Berhenti Berlangganan di Gmail. Meski cukup berguna untuk menghentikan spam, fitur ini masih membuat pengguna kesulitan.

Pasalnya, seluruh pengguna Gmail harus membuka email promosi satu per satu dan menggulir layar hingga ke bagian terbawah. Biasanya, tombol Berhenti Berlangganan hadir dengan ukuran yang kecil dan tidak menonjol.

Bentuk tombol yang seperti ini masih sulit dicari sehingga pengguna malas untuk menghentikan email promosi satu per satu. Namun, tombol ini tidak akan menjadi kendala lagi bagi pengguna karena Google akan segera memperbaruinya.

Berdasarkan temuan 9to5google, tombol Berhenti Berlangganan di situs web akan hadir di bagian atas email. Tombol ini akan ditempatkan di samping nama dan email pengirim. Artinya, pengguna tidak perlu lagi menggulir layar untuk mencari tombol tersebut.

Menariknya, ukuran dan warna dari tombol Berhenti Berlangganan ini akan berubah. Biasanya, tombol Berhenti Berlangganan terlihat seperti teks abu-abu biasa dengan underline. Namun, di versi terbaru, tombol ini akan terlihat lebih besar dengan teks berwarna biru.

Ketika tombol tanpa underline itu diketuk, pop-up yang berisi konfirmasi akan muncul. Pengguna Gmail bisa langsung berhenti berlangganan tanpa perlu diarahkan ke situs web. Cara ini tentu lebih instan dibandingkan dengan tampilan sebelumnya.

Selain muncul di samping nama dan email pengirim, tombol ini juga akan muncul di halaman kotak masuk, tepatnya di deretan ikon Arsipkan, Hapus, dan lainnya. Meski cara kerjanya belum dijelaskan, kemungkinan besar tombol ini bisa menghentikan spam tanpa perlu membuka email.

Perlu diingatkan kembali bahwa tombol Berhenti Berlangganan yang akan diperbarui merupakan tombol di situs web. Meski pembaruan dari fitur ini berhasil ditemukan, Google belum mengumumkan kapan mereka akan mengubah desain dari fitur ini.