Tak Hanya EV, Blue Bird Group Tengah Uji Armada PHEV di Indonesia

JAKARTA - Perusahaan transportasi Blue Bird Group, terus menunjukkan komitmennya terhadap mobilitas ramah lingkungan dengan melakukan uji coba pada armada hybrid. Langkah ini merupakan bagian dari strategi Blue Bird untuk menghadirkan solusi transportasi berkelanjutan dengan mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan.

Didirikan pada tahun 1972, Blue Bird Group memperkenalkan armada yang menggunakan teknologi plug-in hybrid (PHEV) sebagai langkah awal dalam mengurangi dampak lingkungan. Hingga saat ini, perusahaan menyebut masih berada dalam tahap pengujian operasional, melibatkan lima unit kendaraan PHEV.

Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, mengungkapkan bahwa mereka sedang melakukan uji coba pada armada PHEV dan terus melakukan evaluasi untuk memastikan kinerja optimal.

“Kami saat ini ada model hybrid, terutama plug-in hybrid (PHEV) juga. Kami masih melakukan pengujian kendaraan PHEV,” kata pria yang akrab disapa Andre setelah peluncuran armada terbaru di Jakarta, Senin, 11 Desember.

Meskipun masih dalam fase uji coba, Blue Bird memiliki niat kuat untuk meningkatkan jumlah armada PHEV mereka. Andre menjelaskan bahwa setelah tahap uji coba selesai dan semua terbukti sesuai rencana, perusahaan akan mempertimbangkan penambahan armada PHEV secara signifikan.

Diketahui, Blue Bird Group sebelumnya telah memasukkan kendaraan hybrid ke dalam operasionalnya, seperti model Toyota Prius PHEV generasi keempat yang diperkenalkan pada akhir 2021. Kendaraan ramah lingkungan ini, seperti kebanyakan mobil PHEV, memiliki kemampuan untuk beroperasi dengan tenaga listrik atau mesin bensin. Toyota Prius PHEV dilengkapi dengan mesin bahan bakar 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc dengan motor listrik, mampu mencapai jarak 68,2 km dalam mode listrik.

Selain armada PHEV, Blue Bird Group juga telah mengintegrasikan armada taksi listrik atau Electric Vehicle (EV) ke dalam layanan mereka. Armada ini termasuk BYD E6 dan Tesla Model X 75D sebagai kendaraan operasional dari Silver Bird yang aktif beroperasi di sejumlah jalanan Jakarta.