Apa itu Machine Learning? Simak Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

YOGYAKARTA – Apa itu machine learning? Machine learning (ML) atau pembelajaran mesin merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang sangat menarik perhatian, karena mampu mengadaptasi kemampuan manusia untuk belajar.

Penggunaan machine learning sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini dapat mempelajari data yang ada dan melakukan tugas-tugas tentu sesuai dengan apa yang ia pelajari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui machine learning lebih dalam, simak rangkuman informasinya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Machine Learning?

Menyadur laman IBM, machine learning merupaakan cabang dari kecerdasan buatan (AI) dan ilmu komputer yang berfokus pada penggunaan data dan algoritma untuk meniru cara belajar manusia dan secara bertahan meningkatkan akurasinya.

ML dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu seperti statistika, matematika dan data mining sehingga mesin bisa belajar dengan menganalisa data tanpa perlu di program ulang atau diperintah.

Mesin pembelajaran ini punya kemampuan untuk mendapatkan data yang ada dengan perintah ia sendiri.

ML juga dapat mempelajari data yang ada dan data yang ia dapat sehingga bisa melakukan tugas tertentu. Tugas yang dapat dilakukan oleh maching learning juga sangat beragam, tergantung dari apa yang ia pelajari.

Istilah machine learning didengungkan oleh sejumlah ilmuan matematika, seperti Adrien Marie Legendre, Thomas Bayes dan Andrey Markov pada 1920-an. Mereka mengemukakan dasar-dasar machine learning dan konsepnya.  Sejak saat itu, ada banyak pihak yang mengembangkan mesin pembelajaran.

Salah satu contoh dari penerapan machine learning yang paling popular adalah Deep Blue yang dibuat oleh IBM pada tahun 1996.

Deep Blue adalah mesin pembalajaran yang dikembangkan supaya bisa belajar dan bermain catur. Deep Blue telah telah diuji coba dengan bermain catur melawan juara catur profesional. Hasilnya, Deep Blue keluar sebagai pemenang pertandingan catur tersebut.

Machine learning telah banyak membantu manusia dalam berbagai bidang. Penerapan ML bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda menggunakan fitur face unlock untuk membuka smartphone.

Contoh lainnya, ketika Anda sedang berselancar di dunia maya, Anda tentu pernah melihat beberapa iklan. Nah, iklan-iklan yang ditampilkan merupakan hasil pengolahan ML yang akan memberikan iklan sesuai dengan pribadi Anda.  

Cara Kerja Machine Learning

Cara kerja machine learning terbagi menjadi tiga building blocks yang mencakup model, parameter, dan learner. Berikut penjelasannya:

  • Model: Yakni sebuah sistem yang membuat prediksi suatu masalah.
  • Parameter: Yakni faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh model untuk menganalisa suatu masalah.
  • Learner: yakni membuat penyesuaian parameter dan model untuk menyeleraskan prediksi dengan hasil aktual.

Cara kerja machine learning ini memudahkan developer ketika mengoptimalkan berbagai hal yang terkait dengan pengoperasian machine learning. Cara kerja ini dilakukan secara berurutan dan masing-masing saling bertaut.

Manfaat Machine Learning

Machine learning memberikan manfaat untuk kehidupan manusia di berbagai sektor, seperti:

  • Membantu proses penyelesaian masalah bisnis: Machine learning dapat menyelesaikan permasalahan bisnis dengan cara yang terukur. Dengan machine learning, pelaku bisnis bisa memroses dan menganilisis data yang lebih besar dan rumit dengan waktu yang lebih singkat.
  • Membantu memahami perilaku konsumen: Machine learning dapat membantu pelaku bisnis untuk menampilkan produk yang sesuai dengan preferensi konsumen dengan akurat. Manfaat ML yang satu ini diaplikasikan di platform e-commerce.
  • Meningkatkan efektivitas proses HR: Human Resource Information System (HRIS) adalah sistem rekrutmen yang kerap digunakan oleh praktisi HR. Sistem ini memakai model machine learning agar dapat mengidentifikasi kandidat dengan potensi paling besar untuk posisi tertentu.

Demikian informasi tentang apa itu machine learning beserta cara kerja dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.