Pelatih Jerman U-17 Berambisi Kawinkan Gelar FIFA U-17 World Cup dan Piala Eropa U-17

JAKARTA - Pelatih Jerman U-17, Christian Wuck, berhasil memastikan timnya meraih tiket ke final FIFA U-17 World Cup 2023. Kondisi itu rupanya semakin membangkitkan ambisi Wuck untuk mengawinkan dua gelar juara pada tahun ini, yaitu Piala Dunia U-17 dan Piala Eropa U-17.

Jerman U-17 melangkah ke final setelah mengandaskan perlawanan sengit Argentina U-17 di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa, 28 November 2023.

Sempat bermain seri 3-3 pada waktu normal, Der Panzer lolos setelah menang adu penalti dengan skor 4-2.

Kelolosan ke final membuka peluang Jerman U-17 untuk mengawinkan dua gelar juara pada tahun ini. Soalnya, mereka lolos ke FIFA U-17 World Cup 2023 dengan status sebagai kampiun Piala Eropa U-17 2023.

“Tentu saja kami akan sangat senang jika kami bisa memenangi kedua kejuaraan ini. Tentu saja tujuan kami datang ke sini untuk menang."

"Siapa pun lawannya di final nanti, kami berharap bisa menang," kata Christian Wuck dalam keterangan dikutip Rabu, 29 November 2023.

“Sejauh ini, kami juga belum pernah merasakan kekalahan dari pertandingan awal hingga semifinal. Saya yakin para pemain sudah bersiap dengan sangat baik untuk bisa menjuarai FIFA U-17 World Cup 2023,” tutur sang pelatih.

Soal keberhasilan lolos ke babak final, Wuck juga tak menutup mata dengan perjuangan anak asuhnya. Sang pelatih mengakui bahwa tim bekerja keras.

Para pemain juga tampil dengan penuh keberanian untuk mengubah gaya bermain pada babak kedua.

Jika ditarik mundur, terlihat bahwa pertahanan Jerman U-17 cenderung mengendur saat kendali permainan diambil alih oleh Claudio Echeverri dan kawan-kawan.

“Luar biasa, saya turut bahagia untuk para pemain, terutama mereka tampil kurang baik sepanjang babak pertama. Kami mencetak gol melalui serangan balik dan kemudian dibalas,” katanya.

“Kami tidak melakukan tekel-tekel dan para pemain Argentina U-17 mampu mengembangkan permainan mereka."

"Ini jelas hal yang tak kami inginkan. Kami kemudian menunjukkan kekuatan kami yang sebenarnya pada babak kedua,” ujar Wuck.

“Kami bertahan dengan tangguh dan jauh lebih agresif daripada pemain lawan. Itulah sebabnya saya merasa bangga karena pemain mengubah permainan mereka, berani, dan menyadari bahwa ada kesempatan untuk meraih kesuksesan di sini,” ujarnya.

Pada babak final FIFA U-17 World Cup 2023, Jerman U-17 akan menghadapi Perancis U-17 yang lolos setelah mengalahkan Mali U-17. Partai puncak ini akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu, 2 Desember 2023, pukul 19.00 WIB.