Begini Cara Mematikan Tanda Terima Telah Dibaca di iMessage

JAKARTA – Sama seperti platform perpesanan yang lain, iMessage bisa melihat apakah pesan mereka sudah diterima dan dibaca oleh penerimanya. Namun, pesan ini juga bisa disembunyikan.

Untuk menyembunyikan tanda pesan terbaca, pengguna iMessage harus menonaktifkan tanda terima telah dibaca. Cara menonaktifkannya pun tidak sulit, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara mematikannya.

Mengutip dari Makeuseof, tanda terima ini bisa disembunyikan dari perangkat iPhone dan iPad. Pertama, buka Pengaturan di perangkat Anda, kemudian buka menu Pesan dan gulir layar ke bawah.

Setelah menemukan pilihan Kirim Tanda Terima Telah Dibaca, matikan tombol hijaunya hingga berubah warna ke abu-abu. Warna ini menunjukkan bahwa fitur tersebut sudah dinonaktifkan.

Fitur mematikan tanda baca ini berlaku untuk semua pengguna. Artinya, tidak ada satu pengguna pun yang bisa mengetahui bahwa pesan mereka sudah masuk dan dibaca oleh Anda.

Jika Anda keberatan dengan mematikan fitur secara keseluruhan, Apple juga memberikan opsi mematikan tanda terima dibaca untuk beberapa percakapan saja. Fitur ini bisa dimatikan langsung dari aplikasi.

Pertama, buka iMessage dan buka obrolan yang ingin Anda matikan tanda terima dibacanya. Jika Anda belum memiliki obrolan sebelumnya, Anda harus membuat percakapannya terlebih dahulu.

Setelah itu, buka gambar profil penerima di bagian atas layar dan matikan Kirim Tanda Terima Telah Dibaca. Sekarang, orang yang sedang mengobrol dengan Anda tidak akan lagi melihat tanda dibaca tersebut.