Ragam Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil, Bisa Menggunakan Bahan-Bahan Alami!

YOGYAKARTA – Kebiasaan merokok di dalam mobil dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin. Asap rokok memiliki aroma yang kuat dan dapat menempel di berbagai bagian mobil seperti jok, langit-langit mobil, setir, dan berbagai bagian dalam mobil lainnya. Bila sudah begitu, biasanya akan memunculkan bau tidak sedap sehingga mengganggu kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Untuk mengatasinya, pemilik kendaraan perlu mengaplikasikan cara menghilangkan bau rokok di kabin mobil.

Cara Menghilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 23 November 2023, berikut beragam cara menghilangkan bau rokok di kabin mobil yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan:

1. Bersihkan sistem sirkulasi

Cara menghilangkan bau rokok di kabin mobil yang pertama adalah dengan membersihkan sistem sirkulasi udara.

Perlu diketahui, bau rokok tidak hanya menempel di kabin saja, melainkan juga bisa masuk ke sistem sirkulasi udara.

Bila pemilik kendaraan mencium bau tidak sedap dari sirkulasi udara mobil, Anda bisa mengatasinya dengan cara memarkir mobil di tempat terbuka. Akan tetapi, pastikan tempat tersebut tidak banyak debu. Berikutnya, nyalakan mesin mobil dalam kondisi semua pintu terbuka, lalu tunggu 5-10 menit hingga bau rokok tidak tercium lagi.

2. Gunakan penghilang bau rokok berbahan enzim

Penghilang bau berbahan enzim sangat efektif untuk menghilangkan bau tak sedap yang diakibatkan oleh asap rokok.

Produk ini banyak beredar di pasaran, namun harganya cukup mahal. Meski begitu, kandungan enzim di dalamnya dapat membuat bau rokok cepat hilang.

3. Pakai pengharum mobil

Untuk menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil, pemilik kendaraan juga bisa menggunakan pengharum mobil. Adanya pengharum mobil bisa menghilangkan dan menetralkan bau yang tidak sedap dalam kabin mobil.

Selain dapat mengurangi bau tidak sedap akibat asap rokok, pengharum di dalam kabin juga dapat menambah kenyamanan penumpang dan pengemudi, sebab dapat menimbulkan kesan sejuk, bersih, serta mood  akan menjadi lebih baik.

4. Gunakan bahan-bahan alami

Cara menghilangkan bau rokok di kabin mobil juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti bubuk kopi, bubuk kayu manis, bubuk vanila, dan baking soda.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil dengan bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas:

  • Bubuk kopi: cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin dengan bubuk kopi, yakni dengan cara menyebarkannya di dalam kabin, seperti di bawah karbet atau jok. Biarkan bubuk kopi tersebut di dalam kabin mobil semalaman, lalu bersihkan.
  • Bubuk kayu manis: Cara penggunaannya, campurkan seperampat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Kemudian aduk hingga rata dan letakkan di wadah seperti bekas kaleng permen yang memiliki penutup. Berikutnya, lubangi bagian atasnya sebagai jalan udara dan letakkan di salah satu sudut kabin.
  • Bubuk vanilla: Cara menggunakan bubuk vanila untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil yakni, membungkus bubuk vanilla dengan menggunakan kain tipis. Kemudian letakkan di bawah kursi atau di sudut kain yang aman.
  • Baking soda: Untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil dengan baking soda, pemilik kendaraan cukup menyiapkan sebuah kotak yang dilubangi atau dengan menyebarkan baking soda pada kabin. Kemudian diamkan selama beberapa hari, lalu bersihkan.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.