Bob Vylan Sebut Sleaford Mods dan IDLES “Pengecut” karena Tidak Bersuara Soal Palestina

JAKARTA - Duo Inggris, Bob Vylan melabeli band Sleaford Mods dan IDLES “pengecut” karena tidak bersuara mendukung Palestina.

Komentar yang menentang band-band tersebut muncul saat konser Bob Vylan di Dublin pada 9 November, ketika sang penyanyi berbicara langsung kepada penonton untuk menyampaikan dukungannya kepada mereka yang terjebak dalam konflik Palestina/Israel.

Merujuk pada beberapa adegan menyedihkan yang ditampilkan di berita dan media sosial yang dialami warga Gaza, Bob Vylan mengenang kekesalannya terhadap kelompok “pengecut” yang mengaku memiliki motivasi politik dan sayap kiri, namun tetap diam mengenai perang tersebut.

“Ini bukan hanya berita lokal, ini adalah berita dunia, dan kami menyaksikan bayi-bayi dibakar… Anak-anak ditarik dari reruntuhan bangunan yang rata setelah menghabiskan berhari-hari di bawah reruntuhan tersebut. Bagaimana Anda bisa menyebut diri Anda sebagai kelompok politik sayap kiri jika Anda tidak membela orang-orang yang tidak memiliki suara saat ini?” kata Bob Vylan.

“Ini adalah hal yang sangat pengecut. Jadi persetan dengan IDLES, persetan dengan Sleaford Mods dan persetan dengan semua band apolitis yang tidak mau angkat bicara ketika ada sesuatu yang sedikit meragukan, sedikit sensitif, sedikit sensitif [karena mereka] punya album omong kosong untuk dijual," dia melanjutkan.

“Persetan. Kami sama sekali tidak bisa menghormati mereka. Persetan dengan mereka. Ini adalah lagu tercantik yang pernah kami tulis, karena Bob Dylan akan melawan kalian para pengecut,” tambah mereka sambil membawakan lagu Pretty Songs. Lihat cuplikan momen yang diambil penggemar di bawah ini.

Komentar terhadap Sleaford Mods ini menyusul laporan bahwa band tersebut baru-baru ini menghentikan konser di Madrid setelah syal Palestina dilemparkan ke atas panggung.

Berbicara tentang insiden tersebut tak lama setelah itu, band ini menulis di media sosial: “Jangan meminta saya untuk memilih pihak untuk sesuatu yang saya tidak tahu apa-apa tentang itu, di sebuah konser. Saya seorang penyanyi. Pekerjaan saya adalah musik.”

Setelah penampilan Bob Vylan di Irlandia tadi malam, band ini juga menegaskan kembali pendirian mereka melalui X/Twitter, menambahkan bahwa band-band yang “berkarier sebagai 'kaum kidal yang tidak diunggulkan yang membela kaum marginal'” memiliki lebih banyak tanggung jawab untuk berbicara dari kebanyakan orang.

“Gagasan bahwa ‘sebuah kelompok tidak akan mengakhiri perang’ adalah cara pandang yang bodoh jika menggunakan platform visibilitas. Jika Anda memiliki tingkat jangkauan yang tidak dimiliki semua orang, mungkin Anda harus menggunakannya dengan cara yang bermanfaat bagi dunia? Sekalipun hanya untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa tidak apa-apa untuk angkat bicara,” tulis mereka.

“Meyakini diri kita tidak berguna untuk tujuan apa pun karena kita adalah musisi, aktor, olahragawan, dll? Itu adalah pendekatan pengecut yang mengalah,” lanjut ancaman tersebut. “Tapi saya lupa beberapa dari mereka hanya berdandan dan akan kembali ke kehidupan tenang bebas konflik ketika mengenakan kostum itu tidak lagi trendi atau menguntungkan secara finansial.”