Apa Itu IP Rating di HP? Ini Pengertian dan Cara Membacanya

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang sedang mencari smartphone, cobalah untuk melihat rating IP yang tercantum pada dus ata box. Rating IP biasanya tercantum pada spesifikasi HP. Lalu apa itu IP rating di HP?

Apa Itu IP Rating di HP

Istilah IP adalah kependekan dari Ingress Protection. Istillah tersebut merujuk pada proteksi atas masuknya partiker halus atau cair ke dalam komponen perangkat elektronik. Partikel yang dimaksud adalah debu dan air.

Standar IP rating  tidak ditentukan produsen, melainkan oleh lembaga standarisasi internasional yang disebut dengan International Electrotechnical Commission (IEC) dengan pusat kantor di Jenewa, Swiss.

IEC  akan menerapkan pengujian terhadap HP atau perangkat elektronik lain seperti home appliance, kabel serat optis, nanotechnology, atau produk teknologi lain. Setelah itu IEC baru bisa menentukan apakah perangkat tersebut memenuhi persyaratan rating IP atau tidak.

Cara Membaca IP Rating

Format pencantuman Ingress Protection Rating atau rating IP pada perangkat HP biasanya ditulis dengan tulisan IP lalu diikuti dengan dua digit dan huruf tambahan. Contoh format IP rating adalah "IP55" dan "IP68". Makin tinggi angka yang tercantum maka kekedapan dan ketahanan terhadap material debu dan air makin tinggi. Sebaliknya, jika angka yang tercantum adalah 0 maka perangkat tersebut dinyatakan tak kedap terhadap dua material tersebut.

Angka tertinggi pada IP rating untuk ketahanan benda padat adalah 6 dengan yang artinya "dust tight". Jika IP rating adalah 6 maka debu tidak bisa masuk ke dalam komponen perangkat elektronik tersebut.

Sedangkan tingkat kekedapan perangkat elektronik terhadap benda cair angka rating tertinggi adalah 9. Perangkat itu memiliki ketahanan terhadap semburan air dengan tekanan dan suhu tinggi dari berbagai arah.

Sebagai contoh, Anda bisa membeli HP dengan IP rating IPX7 dan IPX8. Kode tersebut berarti bahwa HP dapat terlindungi dari air. Untuk HP dengan IP rating IP67 tetap terlindungi dari air dengan kedalaman 1 meter dengan durasi 30 menit maksimal. Sedangkan HP dengan ratin IP68 dapat bertahan di kedalaman air 1,5 meter dengan durasi 30 menit. Namun perlu dicatat pula bahwa HP dengan IP rating tinggi maka makin mahal pula harga yang ditawarkan.

Namun perlu diketahui juga bahwa saat Anda memiliki HP dengan IP rating tinggi, bukan berarti HP tersebut benar-benar kebal sebagaimana peringkat IP yang tercantum. Banyak faktor yang bisa berpengaruh, salah satunya adalah partikel alam dan partikel yang dipakai pada laboratorium pengujian akan berbeda.

Sebagai contoh, HP IP rating tinggi yang dinyatakan kebal terhadap air tidak bisa digunakan sambil berenang di pantai. Pasalnya, air asin pantai dan laut berpotensi besar merusak komponen HP karena mengandung garam. Atau HP tidak boleh dioperasikan sambil berenang mengingat tekanan air akan berbeda.

Selan terkait apa itu IP Rating di HP, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.