Menang 6-1 Atas Bournemouth, Man City Kembali Rebut Takhta Klasemen

JAKARTA - Skenario sama terulang. Manchester City kembali merebut takhta klasemen Premier League Inggris setelah menang besar 6-1 atas Bournemouth di Stadion Etihad, Sabtu, 4 November malam WIB. Kali ini, Tottenham Hotspur dan Arsenal harus bekerja keras bila ingin menggeser Man City dan merebut posisi mereka lagi.

Tidak ada nama Erling Haaland di papan skor. Meski Man City, namun striker bernomor punggung 9 ini nirgol alias tak bisa mencetak gol.

Di laga itu, Bernardo Silva menjadi satu-satunya yang mencetak brace. Sementara yang lain masing-masing sekali saja membobol gawang Bournemouth yang kian waswas karena mereka berkutat di papan bawah.

Bournemouth menduduki peringkat 17 dengan poin enam. Mereka hanya unggul satu poin dengan Luton Town yang berada di zona degradasi.

Sementara kemenangan itu menjadikan Man City kembali ke puncak. Juara bertahan liga ini menggeser pimpinan klasemen sebelumnya, Tottenham Hotspur, setelah mengantungi poin 27. Unggul satu poin dari rivalnya. Sedangkan Arsenal yang turun ke posisi tiga memiiki poin 24.

Posisi Man City setidaknya cukup aman sampai Selasa, 7 November dini hari WIB, saat Tottenham menjamu Chelsea dalam London Derby. Bila gagal meraih poin penuh, maka misi Tottenham merebut kembali posisi puncak bakal gagal.

Sementara, Arsenal tak bisa melengserkan Man City karena kalah selisih gol. Kecuali bila The Gunners menang dengan skor telak saat menyambangi markas Newcastle United beberapa saat lagi.

Persoalannya, Newcastle sedang on fire dan kian percaya diri. Terutama setelah menghajar Manchester United 3-0 di laga Carabao Cup.

Dalam laga itu, Man City masih terlaku kuat bagi Bournemouth. Serangan tuan rumah dengan gampang menerobos pertahanan mereka yang memang rapuh. Ini yang menjadikan Man City diprediksi bakal menang besar.

Meski memenuhi prediksi dengan meraih kemenangan besar, namun The Cityzens sempat mengalami kesulitan. Tuan rumah baru bisa mengatasi kebuntuan lewat Jeremy Doku yang membobol gawang lawan di menit 30.

Hanya berselang tiga menit, giliran Silva yang menjadikan Man City unggul 2-0. Selanjutnya, bek Manuel Akanji turut menyumbang gol di menit 37. Skor 3-0 untuk Man City bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Man City tetap tak memberi kesempatan lawan mengembangkan permainan. Namun tuan rumah sempat kembali menemui kebuntuan dan baru bisa menambah gol lewat Phil Foden di menit 64.

Bournemouth akhirnya bisa mendekati gawang Man City dan memperkecil ketinggalan di menit 74. Gol tim tamu dihasilkan Luis Fernando Sinisterra yang mengubah skor menjadi 5-1.

Suda unggul jauh, Man City masih belum puas. Silva mencetak gol kedua sekaligus membuat brace di menit 83. Berselang lima menit, Nathan Ake menutup pesta gol tuan rumah. Skor akhir 6-1 untuk Man City.