Ahli Mikro Ekspresi Bakal Analisa Foto Pertemuan Firli Bahuri dan SYL di Gor Badminton

JAKARTA - Polda Metro Jaya melibatkan ahli mikro ekspresi dalam penanganan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau SYL. Tujuannya untuk menganalisa perilaku lewat beberapa foto yang sudah disita.

"Ahli dimaksud dimintai keterangannya seputar keahliannya dalam menganalisa perilaku maupun analisa sesuai dengan keahliannya dari mikro ekspresi terkait dengan barang bukti atau pun dokumen-dokumen foto yang telah kita lakukan penyitaan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Jumat, 3 November.

Salah satu foto yang diduga akan dianalisa oleh ahli mikro ekspresi yakni foto yang menampilkan pertemuan Firli Bahuri dan SYL di salah satu Gor Badminton.

Ade yang disinggung perihal itu pun mengamininya. Dikatakan foto itu menjadi materi yang akan dianalisa ahli.

"Itu materinya (foto pertemuan Firli Bahuri dan SYL di Gor Badminton)," sebutnya.

Selain itu, dalam penanganan perkara itu, penyidik juga akan memeriksa empat ahli lainnya. Mereka merupakan tiga ahli pidana dan satu ahli hukum acara.

Kemudian, ada 67 saksi yang juga sudah dimintai keterangan hingga saat ini. Jumlahnya akan terus bertambah seiring berjalannya proses penyidikan.

"Jadi 67 orang saksi di tambah 5 orang ahli yang telah dilakukan pemeriksaan dan satu lagi tambahan ahli hukum acara kita libatkan lagi saat ini penyidik tengah melakukan koordinasi awal," kata Ade.

Adapun, dalam foto beredar, Firli dan Syahrul bertemu di gelanggang olahraga (gor) bulu tangkis. Belum jelas kapan pertemuan itu.

Firli, masih pada foto yang sama, terlihat menggunakan kaos olahraga berwarna gelap dengan aksen putih dan celana pendek hitam serta sepatu olahraga. Sementara Syahrul tampak menggunakan kemeja dan celana jeans.

Mereka duduk di bangku panjang dan tampak berbincang. Syahrul tampak membelakangi kamera.