Vellfire Generasi Terbaru Resmi Masuk Malaysia, Kapan di Indonesia? Ini Jawaban Toyota

JAKARTA - Setelah diluncurkan beberapa bulan lalu, generasi terbaru Toyota Vellfire secara resmi diluncurkan di Malaysia. Model ini hanya dihadirkan dalam varian ‘Entry-Level’, model ini mendapat perubahan gaya hingga performa yang ditawarkan.

Dilansir dari Paultan, Senin, 23 Oktober, desain mobil ini tampil lebih segar dengan dimensi panjang 5.005 mm, lebar 1.850 mm, tinggi, 1.950 mm, dan wheelbase 3.000 mm, memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Dalam desain yang mengusung tema "Forceful x Impact Luxury", bagian depan mobil terlihat sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Lampu depan menjadi lebih tipis dan tertata dengan rapi.

Sama seperti saudaranya Alphard, model Vellfire terbaru ini tetap mempertahankan desain grill besar. Namun, MPV ini tampak lebih mempesona dengan air intake yang lebih lebar, memberikan keunggulan aerodinamika pada mobil.

Berbicara soal Vellfire, bagian yang paling penting terletak pada interior. Toyota telah mengembangkan fasilitas seperti Super-Long Overhead Console yang terletak di langit-langit mobil, Universal Step sebagai pijakan penumpang, dan Center Pillar Long Assist Grip yang membantu penumpang naik ke dalam kendaraan.

Selain menawarkan kemewahan, Vellfire dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang membantu pengemudi, seperti Intra-Lane Steering Assist, Deceleration Assist, Remote Park, Cruise Control, dan Lane Tracing Assist.

Untuk pasar Malaysia, MPV premium tersebut mendapatkan mesin 2AR-FE 2.5 liter 4-silinder yang menghasilkan tenaga hingga 182 ps dan torsi 235 Nm naturally-aspirated digabungkan dengan transmisi Super CVT-i dengan tujuh rasio virtual dalam mode manual. Kecepatan tertingginya adalah 170 km/jam dan konsumsi bahan bakar diklaim 9,1 liter per 100 km.

Berbeda dengan yang dijual di Jepang, MPV tersebut dibanderol dengan harga yang lebih murah dari Alphard. Toyota Vellfire terbaru dijual seharga 438.000 ringgit atau setara Rp1,456 miliar. Nah, jika mobil ini telah menyapa pasar Malaysia, bagaimana dengan Indonesia?

Saat ini di Indonesia, Toyota-Astra Motor (TAM) masih menjual Vellfire generasi ketiga yang tersedia dalam satu varian, 2.5G A/T, dengan harga sekitar Rp1,399 miliar On The Road Jakarta.

Menyikapi peluang kehadiran generasi terbaru Vellfire ke Indonesia, Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director TAM, belum bisa berkomentar terkait hal tersebut, meskipun APM telah meluncurkan Alphard terlebih dahulu di GIIAS 2023 lalu.

“Kami belum bisa berkomentar soal model baru,” ungkap Anton ketika dihubungi VOI, Senin, 23 Oktober.