Ingin Bertemu Jokowi, Ini yang Bakal Dibahas Mahfud MD

JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo, Mahfud MD ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia hingga kini masih menunggu jadwal setelah Jokowi pulang ke Tanah Air dari kunjungan ke luar negeri.

"Tadi di Setneg saya ingin dipanggil pada kesempatan pertama," kata Mahfud kepada wartawan di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Rabu, 18 Oktober.

Dalam pertemuan itu, ada sejumlah hal yang bakal dibicarakan oleh Mahfud. "Saya memberi tahu bahwa saya sudah mendaftar sebagai cawapres sesuai dengan komunikasi politik dan kesepakatan dengan partai-partai politik," tegas Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu.

"(Keinginan saya, red) untuk memajukan Indonesia di masa depan lewat kompetisi yang konstitusional. Itu saja," sambung Mahfud.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024. Keputusan ini diambil setelah kontemplasi dilakukan dan berdialog dengan para ketua umum serta tokoh lain.

“Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof. Dr. Mahfud MD,” kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober.

Adapun dalam pengumuman cawapres ini seluruh ketua umum partai pengusung Ganjar hadir seperti Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Arsjad Rasyid.

Kemudian hadir juga petinggi PDIP seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP yang juga anak Megawati, Prananda Prabowo dan Puan Maharani serta kader lainnya.