Rincian Gaji Petinggi Microsoft Bocor: Karyawan Puncak Bisa Raih Jutaan Dolar Setiap Tahunnya

JAKARTA - Sebuah dokumen bocor yang menguraikan panduan gaji Microsoft telah mengungkap bagaimana karyawan puncak di perusahaan itu bisa menghasilkan jutaan dolar setiap tahunnya.

Pangkat tertinggi dalam dokumen yang bocor - yang digunakan oleh manajer perekrutan untuk memutuskan berapa banyak yang akan ditawarkan kepada karyawan baru - memiliki gaji pokok hingga  361,500 dolar AS (Rp5,6 miliar), bonus pada saat perekrutan hingga  1,2 juta dolar AS (Rp18,8 miliar), dan penganugerahan saham tahunan hingga  945.000 dolar AS (Rp14,8 miliar).

Pangkat tersebut berlaku untuk anggota perusahaan yang merupakan 'mitra', dengan tingkatan lebih tinggi diyakini mendapatkan bayaran lebih banyak tetapi tidak termasuk dalam memo yang bocor tersebut.

Pedoman gaji Microsoft, yang terperinci dalam bocoran yang awalnya dilihat oleh Business Insider, menunjukkan bahwa gaji awal untuk karyawan peringkat terendah yang dicakup oleh memo tersebut - peringkat 52 - adalah 42,500 dolar AS (Rp669,3 juta).

Di ujung spektrum itu, yang diurutkan berdasarkan senioritas dan pengalaman, karyawan tidak menerima bonus pada saat perekrutan dan memiliki penghargaan saham tahunan yang bersifat diskresioner berdasarkan 'tahap karir' mereka.