Alasan Dilarang Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari: Dapat Merusak Eksterior

YOGYAKARTA – Apakah Anda pernah ditegur karena mencuci mobil di tempat terbuka dan terkena sinar matahari? Jika pernah, sudahkah Anda mengetahui alasan kenapa hal itu dilarang?

Salah satu alasan mengapa dilarang mencuci mobil di bawah terik matahari adalah karena bisa menyebabkan kerusakan pada eksterior mobil. Untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut ini.

Alasan Dilarang Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 14 Oktober 2023, berikut sederet alasan mengapa pemilik kendaraan tidak disarankan mencuci mobil di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari langsung:

  • Dapat merusak warna mobil: Sabun atau sampo khusus mobil yang digunakan mengering dengan cepat dan menimbulkan bercak pada permukaan bodi kendaraan yang pada akhirnya bisa merusak warna mobil.
  • Meninggalkan noda sisa air: Mencuci mobil di tempat terbuka juga dapat memunculkan noda sisa air atau water spot. Ini disebabkan oleh air yang mengering terlalu cepat akibat paparan sinar matahari langsung.
  • Cat mobil cepat kusam: Kandungan UV pada sinar matahari yang tinggi akan membuat cat mobil cepat kusam. Pengusaman itu akan semakin cepat terjadi jika pemilik kendaraan memiliki kebiasaan cuci mobil di bawah sinar matahari secara langsung. Perlahan cat mobil akan pudar lantaran kilaunya hilang.
  • Kaca mobil berjamur: Kemunculan jamur pada kaca mobil disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah karena butiran air yang terlanjur mengering. Air tersebut perlahan berubah jadi bercak hingga jadi jamur. Jika sudah begitu perawatan mobil perlu dilakukan secara ekstra hingga berpotensi menelan biaya besar.
  • Menyebabkan noda kerak: Mencuci mobil di bawah sinar matahari juga dapat memunculkan noda kerak pada cat mobil. Air yang dipakai untuk mencuci mobil biasanya menggunakan air tanah yang mengandung besi dan kaporit. Bila dibiarkan mengering akibat paparan sinar matahari, air yang mengandung besi dan kaporit bisa menjadi noda kerak yang sulit dihilangkan.

Bila mencuci mobil di bawah terik matahari dapat menyebabkan kerusakan pada eksterior mobil, lantas, kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil?

Waktu yang paling ideal untuk mencuci mobil adalah saat pagi hari, di mana udara masih terasa hangat dan sinar matahari juga tidak terlalu menyengat.

Selain itu, air dan sabun tidak akan cepat mengering, sebab paparan sinar matahari tidak membuat bodi mobil cepat panas. Hal ini tentunya sangat baik untuk menghindari munculnya noda bekas air di cat mobil Anda.

Anda juga bisa mencuci mobil ketika sore atau malam hari untuk mencegah paparan sinar matahari langsung. Mencuci mobil pada waktu tersebut juga membuat Anda lebih leluasa dan tidak mengganggu tetangga.

Demikian informasi tentang alasan dilarang mencuci mobil di bawah sinar matahari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.