Bagikan:

YOGYAKARTA - Perlindungan cat mobil dengan teknologi coating semakin populer. Coating mobil bukan hanya memberikan kilau yang mengagumkan, tetapi juga melindungi kendaraan Anda dari berbagai faktor lingkungan yang merusak seperti sinar UV, hujan, dan debu. Tetapi pertanyaannya, berapa lama efek dari coating mobil ini sebenarnya bertahan?

Lapisan pelindung mobil memang memberikan banyak manfaat. Selain menjaga tampilan mobil tetap bersinar, coating juga dapat menghemat uang yang seharusnya dikeluarkan untuk perbaikan akibat kerusakan. Namun, tidak seperti pelapisan sederhana yang mudah terkikis, coating mobil ini dirancang untuk tahan lama.

Apa Itu Coating Mobil

Coating pada mobil yaitu penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil agar cat lebih tahan lama, tampak seperti baru, tidak mudah kusam.Meski coating melakukan penutupan lapisan warna cat, namun lapisan coating dapat dengan mudah dihapus tanpa merusak warna aslinya. Coating dapat dianggap sebagai opsi alternatif yang efektif untuk menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu terlihat berkilau dan bersih.

Manfaat Coating Mobil yang Perlu Diketahui

Pemilik mobil dan penggemar otomotif perlu memahami manfaat coating mobil, yang mencakup:

  1. Melindungi Warna Cat dari Pemudaran: Salah satu alasan utama untuk memberikan coating pada mobil adalah melindungi warna cat dari efek sinar ultraviolet matahari, yang dapat membuatnya memudar. Coating adalah lapisan pelindung yang efektif dalam mencegah perubahan warna cat.

  2. Perlindungan dari Goresan: Coating juga dapat meningkatkan ketahanan cat terhadap goresan. Namun, efektivitasnya tergantung pada kualitas bahan coating yang digunakan. Semakin baik kualitasnya dan semakin tebal lapisannya, semakin baik perlindungannya terhadap goresan.

  3. Ketahanan terhadap Air dan Jamur: Coating tidak hanya melindungi dari sinar matahari dan goresan, tetapi juga menghalangi bercak air dan pertumbuhan jamur. Air tidak akan menempel pada permukaan mobil yang telah di-coating, mengurangi kemungkinan bercak air dan pertumbuhan jamur.

  4. Mempertahankan Kilau Lebih Lama: Coating membantu menjaga kilau mobil agar tahan lama. Beberapa jenis coating, seperti nano coating, bahkan dapat mempertahankan kilau selama 3 tahun atau lebih, berbeda dengan penggunaan wax biasa yang hanya bertahan selama beberapa bulan.

Berapa Lama Efek Coating Mobil Bertahan?

Tingkat keawetan coating mobil bervariasi tergantung pada kualitas produk yang digunakan dan perawatan yang diberikan oleh pemilik mobil. Coating berkualitas tinggi bisa bertahan antara 2 hingga 5 tahun atau lebih. Namun, teknik pemasangan coating dan kondisi lingkungan di sekitar mobil juga memengaruhi masa pakainya.

Cara Merawat Coating Mobil

Untuk menjaga keawetan coating mobil, pemilik mobil perlu merawatnya secara berkala. Cara merawatnya meliputi mencuci mobil secara rutin, menghindari penggunaan bahan kimia yang berbahaya saat mencuci mobil, dan melakukan perbaikan pada area yang terkena goresan.

Dengan memberikan perawatan yang tepat, lapisan coating mobil akan lebih tahan lama. Meskipun unsur silika dalam coating dapat mengalami pengikisan seiring waktu, pemeliharaan yang baik dapat memperlambat proses ini.

Demikianlah ulasan mengenai berapa lama efek dari coating mobil bertahan. Coating mobil berkualitas tinggi bisa bertahan hingga 2-5 tahun, tetapi perawatan yang baik tetap diperlukan untuk menjaga keawetannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.