Pendiri Solana Tekankan Pentingnya Utilitas yang Jelas Bagi Kripto dan Blockchain

JAKARTA - Anatoly Yakovenko, salah satu pendiri Solana (SOL), telah menjelaskan pentingnya kasus penggunaan yang "jelas" bagi kripto dan blockchain dalam wawancara terbaru.

Dalam wawancara dengan Austin Federa, pendiri dan kepala strategi di Solana Foundation, Yakovenko menyoroti pembayaran sederhana sebagai salah satu contoh penggunaan aset digital yang dapat memberikan manfaat kepada banyak orang.

"Saya sebenarnya lebih fokus untuk mencoba melakukan hal-hal yang sudah jelas saat ini. Saya pikir itu sangat penting, untuk mencoba membuat pengguna melakukan hal-hal yang sudah berjalan dalam skala besar - dan itu adalah pembayaran. Hal yang sangat sederhana - mari kita saling mengirim uang dengan cara yang murah dan cepat tanpa harus berkeliling dunia," ujar Yakovenko.

Menurut Yakovenko, aset kripto memiliki potensi besar untuk menyederhanakan sistem keuangan melalui internet. Mereka juga memungkinkan para konten kreator untuk bekerja tanpa harus terikat dengan sistem keuangan dari perusahaan yang lebih besar.

"Pembayaran kripto merupakan pengalaman yang lebih baik bagi siapa saja yang menghasilkan konten bagi pengguna. Jadi masalahnya adalah karena berurusan dengan keuangan di web sangat merepotkan, platform ini dapat mengumpulkan kekuatan dengan membuat jalur ini untuk sejumlah besar pembuat konten ...” papar pendiri Solana.

“Mereka memiliki konten, mereka memiliki hubungan keuangan antara kreator dan pengguna, mereka memiliki jalur itu, mereka memiliki koneksi itu, dan begitu mereka memilikinya, kreator tidak ingin meninggalkannya - ini seperti sebuah tendangan dalam pendapatan mereka. Mereka tidak seperti bekerja untuk diri mereka sendiri, mereka bekerja untuk Twitter atau TikTok atau apa pun karena semua finansialisasi terjadi melalui platform-platform ini," tambahnya.

Pendekatan ini menekankan potensi blockchain untuk menghilangkan hambatan dalam bertransaksi dan berkolaborasi di era digital, memungkinkan lebih banyak orang untuk mengontrol dan memanfaatkan keuangan mereka dengan cara yang lebih langsung dan sederhana. Solana merupakan salah satu platform yang berupaya mewujudkan visi ini.