Fadillah Arbi Debut di GP Mandalika Sebagai Pebalap Wildcard Honda Team Asia

JAKARTA - Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama bakal menjalani debut di kejuaraan dunia Moto3 Grand Prix (GP) Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober mendatang.

Dia akan membalap bersama jagoan Indonesia lainnya, Mario Suryo Aji, di Honda Team Asia. Kepastian ini diumumkan Astra Honda Racing Team yang menaungi Arbi melalui akun Instagram resmi mereka, Senin, 9 Oktober.

“INFO HANGAT ; ARBI BALAP DI GP MANDALIKA! @f.arbi93, pebalap Astra Honda Racing Team yang bikin Indonesia Raya berkumandang di putaran JuniorGP Barcelona, bakal gabung team @honda_team_asia bersama @mariosuryoaj1,” tulis akun tersebut.

Arbi yang saat ini bersaing di FIM JuniorGP merupakan alumni Astra Honda Racing School tahun 2019. Menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Arbi memulai karir balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun.

Dengan potensi yang menjanjikan, Arbi mendapat kesempatan emas untuk bersaing di ajang FIM JuniorGP. Pada Juli 2023, Arbi berhasil mencatat sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang mengumandangkan Indonesia Raya dengan meraih podium tertinggi pada ajang kejuaraan balap dunia JuniorGP di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol.

"Kami senang untuk mengumumkan bahwa pebalap Astra Honda Motor, Arbi Aditama, akan melakukan wild card bersama kami di Mandalika. Dia telah berpartisipasi dalam FIM Junior GP dan meraih kemenangan yang luar biasa dalam balapan Catalunya," kata manajer tim Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama.

"Ini akan menjadi partisipasinya yang pertama dalam Kejuaraan Dunia. Jadi, ini akan menjadi pengalaman yang sepenuhnya baru baginya. Selain itu, dia akan melakukannya di GP kandangnya. Artinya, harapan dia dan para penggemarnya akan tinggi."

"Saya senang memberinya kesempatan ini, dan saya ingin dia mendapatkan pengalaman yang luar biasa untuk membantu karirnya. Saya harap dia akan menikmati akhir pekan ini," lanjutnya lagi.

Debut Arbi ini menambah panjang jajaran alumni Astra Honda Racing School yang telah mengaspal di kejuaraan balap dunia di kelas Moto2 dan Moto3. Di sana sebelumnya ada Andi Farid Izdihar yang biasa dikenal sebagai Andi Gilang, Gerry Salim dan Mario Aji.