Cara Hapus Iklan di Facebook dan Instagram: Pengguna Perlu Membayar Biaya Layanan

YOGYAKARTA – Meta platform inc akan menghadirkan fitur yang dapat menghilangkan tampilan iklan di Facebook dan Instagram. Fitur ini dikabarkan akan segara hadir untuk pengguna yang berbasis di Eropa. Meta menghadirkan fitur ini karena patuh terhadap peraturan Uni Eropa. Sebelumnya, Uni Eropa mengancam akan membatasi kemampuan Meta untuk mempersonalisasi iklan bagi pengguna tanpa persetujuan mereka dan merugikan sumber pendapatan utamanya. Lantas, bagaimana cara hapus iklan di Facebook dan Instagram?  

Cara Hapus Iklan di Facebook dan Instagram

Cara Hapus Iklan di Facebook dan Instagram dapat dilakukan dengan membayar biaya layanan. Untuk harganya, berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan.

Menyadur Reuters, biaya yang harus dikeluarkan pengguna yang mengakses Facebook dan Instagram lewat desktop sebesar 10 euro atau sekitar Rp163 ribu. Pengguna akan dikenakan biaya tambahan sebesar 6 euro (Rp97 ribu) untuk akun tambahan.

Untuk pengguna perangkat mobile, dikenakan 13 euro (Rp212 ribu) per bulan. Reuters melaporkan, harga mahal itu disebabkan adanya komisi yang dibebankan pada App Store dan Play Store.

Kendati demikian, tidak dijelaskan secara terperinci kapan fitur ini akan diluncurkan. Meta hanya mengatakan bahwa layanan penghilang iklan di Facebook dan Instagram akan dirilis beberapa bulan mendatang.

Kedepan, pengguna Facebook dan Instagram di kawasan Eripa akan memiliki dua opsi penggunaan platform. Pengguna bisa mengakses gratis dengan iklan yang dipersonalisasi atau membayar untuk layanan tanpa iklan.

Sebelumnya, Meta didenda 390 juta euro (Rp6,3 trilun) pada awal tahun 2023 oleh Komisioner Privasi Data Irlandia. Meta diberitahu bahwa mereka tidak bisa menggunakan apa yang disebut “kontrak” sebagai dasar hukum untuk mengirim iklan kepada pengguna berdasarkan aktivitas online mereka.

Induk Facebook dan Instagram ini menyampaikan bahwa mereka bermaksud untuk meminta persetujuan dari para pengguna di Uni Eropa sebelum mengizinkan bisnis untuk menargetkan iklan guna memenuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang di wilayah tersebut.

Meta menyampaikan bahwa mereka ingin tetap memberikan layanan gratis yang didukung oleh iklan yang dipersonalisasi, namun sedang menjajaki opsi-opsi untuk memastikan pihaknya mematuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang.

Sebagai informasi tambahan, Meta Platform Inc belum lama ini meluncurkan biaya langganan untuk centang biru atau verifikasi akun. Langganan tersebut juga sudah masuk ke Indonesia.

Pengguna Facebook yang ingin mendapatkan centang biru diharuskan membayar Rp100 ribu per bulan untuk web dan Rp130 ribu pada perangkat berbasis iOS dan Android.

Meta Verified menawarkan beberapa keuntungan, seperti lencana terverifikasi atau verification badge untuk mengonfirmasi identitas asli pengguna yang diotentikasi dengan ID Kependudukan.

Selain itu, pengguna Meta alias Facebook juga mendapatkan perlindungan dari peniruan. Meta Verified juga menawarkan kemampuan bantuan masalah akun dan mendapatkan fitur eksklusif.

Demikian informasi tentang cara hapus iklan di Facebook dan Instagram. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.