Denda Kartu Kuning dan Kartu Merah di Liga Inggris, Segini yang Harus Dibayar Pemain Sepak Bola

YOGYAKARTA - Wasit Simon Hooper yang mengeluarkan banyak kartu kuning dan merah menjadi sorotan pada laga Liverpool vs Tottenham Hotspur pada akhir September lalu. Akibat dihujani kartu dari wasit, Liverpool pun menanggung denda ratusan juta kepada pihak FA. Lantas berapa denda kartu kuning dan merah di Liga Inggris?

Pemain sepak bola yang melakukan pelanggaran dan diganjar kartu oleh wasit, diwajibkan untuk membayar denda. Kartu kuning akan dilayangkan sebagai peringatan ketika seorang pemain ataupun staff melakukan pelanggaran ringan. Sementara kartu merah diberikan kepada pemain atau staff yang melakukan pelanggaran berat atau keterlaluan.  

Hukuman bagi pemain yang mendapat kartu tidak hanya dikeluarkan dari pertandingan, namun juga dikenakan denda yang harus dibayar. Masih banyak football lovers yang tidak tahu berapa denda kartu kuning dan merah dalam sepak bola. 

Jumlah Denda Kartu Kuning dan Kartu Merah di Liga Inggris

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) memberlakukan denda yang berbeda tergantung jenis pelanggaran yang diperbuat. Berikut ini aturan denda yang harus dibayarkan di Liga Inggris ketika pemain diganjar kartu kuning dan merah.

Denda Pemain yang Mendapat Kartu Kuning

Pemain atau staff yang terkena kartu kuning dibebankan denda sebanyak 10 poundsterling atau Rp171,7 ribu. Bentuk-bentuk pelanggaran yang termasuk dalam kategori ini, seperti tekel ringan, selebrasi melepas jersey, handball, berdebat dengan wasit, dan tindakan-tindakan lainnya. 

Denda sejumlah itu tidak hanya diterapkan kepada pemain yang mendapat karut kuning saja. Pemain juga dikenakan denda serupa apabila melakukan aksi mengganggu jalannya pertandingan atau keluar masuk lapangan tanpa izin Laws of the Game. 

Denda Pemain yang Mendapat Kartu Merah

Pemain atau staff yang menerima kartu merah dan kartu merah kedua diharuskan membayar denda lebih besar, yakni sejumlah 35 poundsterling atau Rp601 ribu. Kartu merah dilayangkan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat atau keras yang berisiko mencelakakan lawan. 

Lantas bagaimana dengan pemain yang melakukan tindakan tidak terpuji secara verbal atau perkataan? Misalnya pemain yang berperilaku rasis, menghina, atau menyinggung lawannya akan diganjar denda yang lebih berat sebesar 45 poundsterling atau Rp773 ribu. 

Bagi pemain yang melakukan perbuatan kasar seperti adu jotos, menggigit, menginjak, menyikut, adu kepala, dan lainnya akan mendapat denda lebih berat. Denda yang harus ditanggung yakni kewajiban bayar 55 poundsterling dan larangan bermain sebanyak 3 pertandingan. 

Bahkan FA juga memberlakukan denda terberat pada tindakan meludahi lawan. Pemain yang melakukan aksi penghinaan kasar ini akan diganjar denda 55 poundsterling dan larangan tampil selama 6 pertandingan. 

Skema Pembayaran Denda Pertandingan Liga Inggris

FA membuka skema pembayaran denda yang bisa dilakukan secara offline maupun online. Pembayaran dapat dilakukan melalui Sekretaris klub kepada FA. Bagi yang ingin melunasi denda secara online bisa membayar dari platform bernama Whole Game System. 

Demikianlah ulasan mengenai denda kartu kuning dan kartu merah di Liga Inggris yang harus dibayarkan oleh pemain dan staff. Biasanya pihak klub juga memiliki aturan sendiri terkait denda bagi pemain yang melakukan pelanggaran. Bentuk sanksi bisa berupa pemotongan gaji dengan nominal yang sudah ditentukan oleh klub masing-masing. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.