Sering Disepelekan, Inilah Tips Perawatan Helm Motor Terbaik untuk Kenyamanan dan Keselamatan

JAKARTA - Bagi mereka yang sering berkendara dengan sepeda motor, helm adalah teman setia yang harus selalu dirawat dengan baik. Karena helm bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang kenyamanan dan keselamatan saat berada di jalan.

Tapi bagaimana cara merawat helm dengan benar? Djodi Fernanda, Founder & CEO dari Helmet and Care Indonesia, memberikan tips berharga tentang perawatan helm. Menurutnya, perawatan helm sebenarnya sangat mudah dilakukan.

"Usahakan untuk mencuci helm setidaknya sekali seminggu. Hal ini akan menjaga busa helm tetap bersih dan terhindar dari kuman serta bakteri dari kepala," kata Djodi kepada VOI, Kamis, 5 Oktober.

Ditambahkan dia, proses mencuci helm sebaiknya menggunakan sabun khusus, terutama untuk membersihkan bagian busa yang rentan terhadap kotoran dan kuman. Setelah mencuci, helm perlu dikeringkan dengan menggunakan mesin pengering selama 1-2 jam untuk memastikan semua bagian helm benar-benar kering.

Selama proses pencucian, juga dilakukan polesan dan finishing semi coating agar helm terlihat bersih dan seperti baru kembali. Djodi menekankan pentingnya perawatan helm karena ketika helm tidak dirawat dengan baik, bisa mengganggu konsentrasi pengendara. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam helm.

Soal harga, helm half face dapat dirawat dengan biaya sekitar Rp50 ribu, sementara helm full face berkisar Rp55 ribu.

Jadi, jangan pernah remehkan perawatan helm. Helm yang bersih dan terawat dengan baik tidak hanya membuat terlihat keren di jalan, tetapi juga menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.