Selamat Rifda Irfanaluthfi! Atlet Senam Artistik Indonesia Kantongi Tiket Lolos ke Olimpiade Paris 2024

JAKARTA -  Indonesia kembali menambah perwakilan di Olimpiade Paris 2024. Terbaru datang dari atlet senam artistik, Rifda Irfanaluthfi yang berhasil memastikan diri lolos ke pesta olahraga dunia tersebut. 

Kepastian lolosnya Rifda ke Olimpiade Paris 2024 didapatkan setelah atlet 23 tahun itu tampil di World Artistic Gymnastic Championship 2023 di Antwerp, Belgia pada Senin, 2 Oktober waktu setempat.

Dikutip dari Olympic, Rifda lolos ke Olimpiade 2024 melalui jalur realokasi tuan rumah. Tiket dari realokasi tuan rumah didapatkan Rifda setelah negara tuan rumah tidak menggunakan kuota. 

Rifda kemudian menjadi salah satu dari 15 atlet yang sudah pasti tampil di Paris. Selain karena jalur relokasi tuan rumah, Rifda juga memenuhi syarat lolos dengan masuk posisi 15 besar Kejuaraan Dunia.

Dengan lolosnya Rifda ke Olimpiade Paris 2024, itu menjadi sejarah tersendiri karena merupakan momen perdana pesenam Indonesia yang akan tampil di Olimpiade.

Lolosnya Rifda juga menggenapkan wakil Indonesia nantinya. Sebelum ini sudah ada tiga atlet Indonesia yang  dipastikan tampil di Olimpiade Paris 2024.

Nama pertama adalah pemanah Indonesia, Arif Dwi Pangestu yang berhasil menyegel tiket ke Olimpiade tahun depan. Selain itu ada atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi. 

Desak dipastikan mendapat  tiket Olimpiade setelah menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 di Bern, Swiss pada Agustus lalu.

Atlet lain yang sudah lolos ke Olimpiade adalah lifter senior, Eko Yuli Irawan. Tiket ke Paris diamankan Eko setelah menyabet medali perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi pada September lalu.