Aman dan Antiribet, Begini Cara Menggunakan Fitur Check In di iOS 17

JAKARTA – Apple menyisipkan sejumlah fitur baru di iOS 17, salah satunya adalah fitur Check In. Fitur ini terdapat di dalam aplikasi berbagi pesan, yakni iMessage.

Dengan adanya Check In, pengguna dapat memberi tahu kerabat maupun orang terdekat ketika mereka sudah tiba di tempat tujuan. Fitur ini juga akan memberikan informasi kepada orang yang dihubungi jika penggunanya belum sampai di tujuan sesuai dengan estimasi waktu.

Berkat penerapan real-time, Check In mampu mengirimkan informasi berupa lokasi perangkat, level baterai, dan status layanan seluler secara otomatis tanpa diminta. Fitur ini tentu sangat berguna dalam kondisi genting.

Untuk menggunakan fitur Check In, hal utama yang perlu dilakukan adalah memastikan sistem perangkat Anda sudah menggunakan iOS 17. Setelah itu, Anda bisa membuka aplikasi iMessage.

Di dalam iMessage, tekan tombol Plus, lalu buka Lainnya, kemudian pilih Check In dan Edit. Anda akan diminta memasukkan tempat yang dituju dan cara Anda untuk sampai ke tempat tersebut.

Selain mengatur waktu, Anda juga bisa menambahkan estimasi waktu tiba. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda terlambat karena macet atau hal lainnya. Anda cukup membuka Check In, kemudian pilih Detail dan Tambahkan Waktu.

Terakhir, jika Anda ingin membatalkan Check In karena alasan tertentu, khususnya menghemat baterai, Anda bisa membuka Check In kembali, ketuk Detail, lalu Batalkan Check In.