Suzuki Jimny Pecahkan Rekor Dunia Guinness dengan Cara Unik

JAKARTA- Suzuki Auto South Africa berhasil mencetak Guinness World Record pada acara Jimny Gathering 2023, sebuah acara yang diadakan di Festival Clarens, Afrika Selatan.

Pada akhir pekan yang lalu, 787 unit Suzuki Jimny berhasil berkumpul dalam semangat kebersamaan dan gairah yang sama terhadap dunia off-road. Tercatat Jimny dari empat generasi berkumpul, termasuk Jimny lima pintu yang baru.

Acara ini mencapai puncaknya dalam upaya pemecahan rekor dunia ketika 787 Jimny secara bersamaan menyalakan lampu kendaraan dalam waktu lima detik, dengan Guinness World Records turut hadir untuk mengesahkan prestasi tersebut.

Festival tiga hari ini diadakan sebagai penghormatan terhadap Jimny, yang telah membangun reputasi sebagai off-roader mini yang mampu menuai kesuksesan secara global.

Awalnya, dikutip dari Carbuzz, 25 September, acara ini dimaksudkan sebagai perayaan ulang tahun ke-50 Jimny pada tahun 2020, namun acara tersebut terhambat oleh pandemi global. Namun, niat untuk menggelar acara tersebut tetap kuat di pikiran para pecinta Suzuki Auto South Africa.

Jimny kini telah memasuki generasi keempat setelah debutnya pada tahun 1970 sebagai off-roader kecil. Mobil ini memiliki semua ciri khas off-roader klasik, seperti rangka bodi terpisah dan transfer case low-range, serta dimensi yang kecil dan jarak sumbu roda yang kompak memberikannya kemampuan off-road yang luar biasa, meskipun terkadang dengan pengorbanan dinamika berkendara di jalan raya. Namun, hal itu tidak menghentikan pemilik di Jepang untuk mengubahnya menjadi kendaraan trek kecil yang luar biasa.