Polda Metro Sebut Keberhasilan Ujian Praktik SIM C Tembus 90 Persen, Tapi...

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengklaim persentase keberhasilan peserta ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor sangat tinggi. Bahkan, mencapai 90 persen.

"Keberhasilan pasti tinggi. Kalau mendekati hampir 80 sampai 90 persen,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat, 22 September.

Peningkatan keberhasilan peserta ujian SIM karena adanya penggantian model lintasan pada tes praktik. Sedianya yang lintasan dengan pola angka 8 diganti menjadi huruf S.

Perubahan model lintasan ujian praktik tersebut, kata Latif, mendapat respons yang tinggi dari masyarakat dengan apresiasi dan antusias yang membuat percaya diri saat melakukan ujian praktik.

“Alhamdulillah dengan ada ini responsnya sangat tinggi. Mereka mengapresiasi dan mereka antusias untuk berlatih dan mereka istilahnya percaya diri dalam pelaksanaan ujian," sebutnya.

"Sehingga praktik-praktik yang tidak benar, ya harus kita hilangkan,” sambung Latif.

Kendati demikian, dikatakan masyarakat masih kurang dalam sisi mengendalikan diri ketika berkendara. Terbukti, masih banyak yang melanggar aturan lalu lintas.

"Yang penting ya itu masalah kesadaran untuk mengendalikan diri yang masih kurang," kata Latif.