Sejarah Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, Pelatih Pertama yang Loloskan Tim ke Piala Asia di Tiga Level Umur Berbeda

JAKARTA – Lolosnya timnas nasional Indonesia U-23 ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar pada awal tahun depan nanti mengukir sejarah ganda.

Selain ini pertama kalinya timnas U-23 lolos ke ajang itu, pencapaian ini membuat pelatih Shin Tae-yong juga turut menorehkan sejarah.

Khusus bagi Shin Tae-yong, catatan yang berhasil dibuat adalah menobatkan diri sebagai pelatih pertama yang sanggup meloloskan tiga level timnas Indonesia ke Piala Asia.

Sebelum Timnas Indonesia U-23, pelatih yang berusia 52 tahun ini sudah terlebih dahulu mengantar Timnas U-20 dan Timnas Senior ke putaran final ajang tersebut.

Timnas Indonesia U-20 sudah berlaga di Piala Asia U-20 pada Maret 2023 lalu, sedangkan tim senior baru akan bermain di pentas Asia pada Januari tahun depan.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 akan menyusul bertanding di Piala Asia U-23 pada April 2024.

Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos setelah mengalahkan Turkmenistan 2-0 di Kualifikasi Grup K di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 12 September malam.

Kemenangan itu membuat Indonesia menjadi juara grup dengan koleksi poin sempurna dari dua laga. Menempati posisi teratas grup membuat Garuda Muda pun otomatis lolos ke putaran final tahun depan.

Timnas U-23 Indonesia menyelesaikan dua laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan sempurna. Rinciannya meraih dua kemenangan dari dua laga, mencetak 11 gol, dan tanpa kebobolan.

Sebelum mengalahkan Turkmenistan, Indonesia terlebih dahulu pesta sembilan gol melawan Chinese Taipei pada ujung pekan kemarin.