Olahraga Untuk Menambah Berat Badan Lengkap dengan Tipsnya

YOGYAKARTA – Olahraga ternyata tidak hanya membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan, namun berfungsi sebaliknya yakni menambah berat badan. Ada beberapa olahraga untuk menambah berat badan yang bisa dilakukan.

Olahraga Untuk Menambah Berat Badan

Perlu diketahui, penambahan berat badan sangat mungkin terjadi saat Anda melakoni olahraga secara teratur dan tepat. Kenaikan berat badan setelah olahraga juga wajar terjadi.

Dikutip dari AI Care, penambahan berat badan mungkin terjadi dengan disiplin olahraga serta menjaga pola makan.

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan sesuai yang diinginkan adalah sebagai berikut.

  1. Angkat Beban

Olahraga angkat beban ternyata mampu menambah berat badan. Hal itu bisa terjadi karena angkat beban akan menambah massa otot di tubuh. Penambahan massa otot itulah yang akan menambah berat badan dan membuat penampilan Anda nampak berisi.

  1. Berenang

Olahraga renang melibatkan seluruh otot di tubuh. Saat melakukan renang secara rutin, penambahan massa otot juga akan terjadi. Selain dapat membuat tubuh lebih berisi, renang juga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

  1. Push Up

Olahraga ini sangat populer di kalangan masyarakat karena dapat meningkatkan massa otot terutama di bagian lengan dan punggung. Saat Anda melakukan pushup secara rutin, badan akan lebih berisi dan peningkatan berat badan sangat mungkin terjadi.

Tips Menambah Berat Badan dengan Olahraga

Penambahan berat badan dengan olahraga sangat mungkin terjadi, asal memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat sangat berpengaruh pada tubuh Anda. Olahraga yang tidak dibarengi dengan pola hidup sehat akan memperburuk kesehatan tubuh. Pola hidup yang bisa diterapkan adalah dengan mengurangi rokok, tidak ketergantungan dengan alkohol, tidur cukup, dan sebagainya.

  1. Perbanyak Asupan Protein

Protein membantu meningkatkan massa otot yang membantu meningkatkan berat badan. Jika ingin menaikkan berat badan, makan makanan berprotein seperti daging dada ayam atau minum susu sapi. Jika perlu tambahkan dengan suplemen.

  1. Olahraga Rutin

Intensitas olahraga juga sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam meningkatkan berat badan. Usahakan untuk berolahraga secara rutin agar penambahan massa otot bisa terjadi. Anda bisa berolahraga 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Kombinasikan olahraga yang dilakukan seperti olahraga kardio dan angkat beban.

  1. Minum Air Putih Cukup

Usahakan pula minum air putih cukup sesuai kebutuhan harian. Saat cairan tubuh terpenuhi, tubuh akan manahan air yang dapat membantu meningkatkan berat badan. Air juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.

  1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Penambahan berat badan dengan olahraga harus dibantu dengan nutrisi yang cukup. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan sehat seperti buah dan sayur. Hindari makan makanan yang kurang sehat karena hasil penambahan berat badan pada tubuh tidak maksimal.

  1. Perhatikan Asupan Gula dan Garam

Gula dan garam juga berpengaruh pada berat badan tubuh. Usahakan untuk tidak menghindari gula maupun garam, namun tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Anda dapat menghitung asupan garam dan gula harian sesuai kebutuhan tubuh.

Itulah informasi terkait olahraga untuk menambah berat badan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.