Kantor KPU Jayapura yang Kebakaran Segera Pindah ke Bangunan Dinas Koperasi dan UMKM

PAPUA - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura segera pindah ke gedung Dinas Koperasi dan UMKM Jayapura. Bangunan KPU Jayapura sebelumnya hangus kebakaran.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan, perpindahan agar tugas pokok dan fungsi KPU Jayapura sebagai penyelenggara Pemilu 2024 tidak terhambat.

“Setelah semua barang-barang dipindahkan barulah KPUD bisa menggunakan kantor tersebut sepenuhnya, ini sementara dalam proses pemindahan barang yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM ke gedung yang telah kami siapkan,” katanya di Sentani, Jayapura, Papua, Kamis 7 September, disitat Antara.

Menurut Triwarno, rencana pemindahan Kantor KPU Jayapura sebenarnya dari Desember 2022 ketika masa jabatan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

“Informasi yang saya terima penyerahan hibah gedung Kantor Dinas Koperasi dan UMKM untuk digunakan oleh KPUD sudah dilakukan oleh Pak Mathius sebagai Bupati pada Desember 2022,” ujarnya.

Triwarno menjelaskan selain Kantor KPU Jayapura yang dipindahkan karena terbakar, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura pun telah dipindahkan ke kantor yang baru.

“Lokasinya sudah disiapkan dan saat ini pemindahan baik dari Dinas Koperasi dan UMKM, Kemenag dalam proses, kami berharap semunya cepat dan sesuai dengan waktu yang ditentukan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Hariyanto mengatakan saat ini proses pemindaan barang Dinas Koperasi dan UMKM Jayapura ke kantor baru di Kompleks Perkantoran Bupati Gunung Merah Sentani masih dilakukan.

“Memang tidak cepat langsung pindah, karena barang-barang kantor banyak dan membutuhkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” ujarnya.

Hariyanto menambahkan, galeri hasil kerajinan UMKM yang berada di samping Kantor Dinas Koperasi dan UMKM kemungkinan tidak ikut pindah.

“Saya berharap galeri ini tidak pindah, karena kalau ikut maka pemasaran kerajinan mama-mama UMKM bagaimana, apalagi kalau lokasinya di dalam Kompleks Perkantoran Bupati, karena ini untuk jualan harusnya berada di pinggir jalan,” tuturnya.

Gedung Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura yang dalam waktu dekat akan digunakan oleh KPU Jayapura berada di jalan protokol Sentani-Abepura Hawai, Distrik Sentani Timur, atau tepatnya di samping Perumahan dan eks Stasiun TVRI Papua