Bank DKI Kembangkan Fitur QRIS dan Virtual Account

JAKARTA - Badan Pembangunan Daerah (BPD) Bank DKI bakal mengembangkan layanan virtual account (VA) dan QRIS pada fitur JakOne Merchant. Pengembangan ini dilalukan lewat kerja sama dengan PT Solusi Pembayaran Elektronik (SPE Solution).

Plt Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyebut, pengembangan QRIS dan virtual account ini menjadi salah satu upaya dalam memperkuat layanan keuangan digital dan meningkatkan rasa aman bagi nasabah dalam bertransaksi.

"Dalam kerjasama ini, Bank DKI memperkuat layanan virtual account (VA) serta JakOne Merchant yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha, khususnya kepada lebih dari 21.000 pengguna JakOne Merchant dalam mengelola aktivitas penerimaan dana secara optimal, efisien, cepat dan tepat," kata Amirul dalam keterangannya, Jumat, 1 September.

Di sisi lain, Bank DKI juga melalukan pengembangan layanan digital dalam aplikasi JakOne Mobile sebagai super apps, dengan berbagai fitur layanan digital yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS.

Selanjutnya, dalam mendukung perkembangan para pelaku UMKM, Bank DKI juga melayani fitur JakOne Abank yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha masing-masing Agen.

Selain itu, Bank DKI juga melakukan pengembangan aplikasi digital lending dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit/pembiayaan.

Lebih lanjut, Amirul menyebut pihaknya juga memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu JakCard untuk dapat menjangkau berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

"Serta, menjadi pilihan tiket di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek," urainya.

JakCard, ungkap Amirul, juga dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara.