Mengenal 5 Elemen dalam Logo Merek Bisnis, dari Font hingga Bentuk

YOGYAKARTA – Logo merupakan identitas yang diimplementasikan dalam bentuk simbol, gambar, merek dagang, yang berguna sebagai identitas dan tanda kenal yang menunjukkan ciri khas sebuah bisnis. Nah, dalam pembuatan logo, terdapat beberapa elemen yang harus terpenuhi. Apa saja? Simak informasi lengkap tentang elemen dalam logo merek bisnis berikut ini.

Elemen dalam Logo Merek Bisnis

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa elemen dalam logo merek bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Font atau rupa huruf

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, Logo merupakan sebuah simbol yang menjadi bagian inti dari identitas merek Anda.

Bagi Anda yang ingin membuat logo, penting untuk memperhatikan font atau rupa huruf. Gunakan font yang dapat mencerminkan konsep atau value dari merek.

Dengan memilih font yang tepat, sebuah logo akan terlihat lebih lengkap. Selain itu, penggunaan font yang sesuai akan memengaruhi penilaian karakter dari brand.

2. Ikon

Tak sedikit perusahaan yang menggunakan mascot untuk jadi ikon bisnis. Ikon sendiri adalah bentuk visualisasi sebuah objek yang bisa menampilkan gambaran sederhana, yang tidak akan menghilangkan esensi dari objek tersebut beserta fungsi-fungsinya.

Ikon dalam logo merek bisnis mempunyai beberapa fungsi, sepeti sebagai identitas atau lambang, representasi ciri fisik, dan representasi fungsi. Selain itu, ikon juga bisa jadi komunikasi seperti logo.

3. Warna

Elemen warna tak boleh dianggap remeh dalam logo merek bisnis. Pemilihan warna yang tepat dapat meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

Selain itu, warna juga bisa memengaruhi emosi manusia. Warna juga bisa mempengaruhi emosi manusia. Anda bisa mempelajari psikologi warna untuk bisa memilih warna yang tepat.

Adapun beberapa filosofi warna dalam psikologi, antara lain: 

  • Merah: tegas, berani, kuat, amarah, arogan, dan glamour.
  • Kuning: kehangatan, bijak, ceria, harapan.
  • Biru: jernih, kalem, profesional, percaya diri, melankolis, sedih, murung, dan tenang.
  • Hitam: tersembunyi, elegan, mewah, suram, kokoh, sunyi, independen, dan hampa.
  • Putih: suci, bersih, bebas, terbuka, polos, dingin, dan baru.

4. Makna

Elemen dalam logo merek bisnis yang berikutnya adalah makna dan tujuan. Elemen ini perlu benar-benar diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Makna dan tujuan akan Anda dapatkan melalui perpaduan seluruh elemen yang telah Anda susun sedemikian rupa.

Makna dan tujuan dapat mempertegas karakter yang ingin Anda bangun dari brand yang menggunakan logo tersebut. Selain itu, filosofi juga akan memberikan perspektif terhadap nilai, visi, misi dari perusahaan atau brand yang menggunakan logo tersebut.

5. Bentuk

Bentuk dapat menjadi elemen yang bisa menggambarkan karakter dari produk atau jasa. Hal ini menunjukkan bahwa tiap bentuk yang Anda buat bisa memberikan filosofi tersendiri.

Adapun beberapa contoh filosofi dari bentuk, yakni:

  • Segitiga: memiliki filosofi tentang otoritas, hirarki, dan dominasi.
  • Persegi: bentuk ini menggambarkan sistem, efisiensi, dan juga kepercayaan.
  • Lingkaran: filosofi lingkaran bisa Anda artikan sebagai identitas diri, mendalam, terpusat, absolut, dan seimbang.
  • Spiral: kreatif, proses, pertumbuhan menjadi penggambaran yang tepat untuk bentuk ini.

Demikian informasi tentang elemen dalam logo merek bisnis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.