Ternyata Sindikat Copet di PRJ Kemayoran Terorganisir, Jumlah Pelaku 6 Orang Layaknya Keluarga dan Menginap di Hotel

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 6 orang komplotan copet yang kerap beraksi di Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari 6 orang pelaku, 5 orang diantaranya merupakan seorang wanita.

"Mereka hampir setiap hari masuk ke dalam PRJ. Mereka sudah mulai bermalam sejak tanggal 6 Juli. Selain menangkap 6 pelaku, kita juga menyita 13 handphone," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa, 18 Juli.

Menurut pengakuan para pelaku, barang bukti handphone lainnya sudah dikirim (dijual).

"Sisa 13 unit ini sisa hasil pencurian. Mereka ditangkap di salah satu hotel kawasan Gunung Sahari yang digerebek," ujarnya.

Adapun keenam pelaku copet perempuan berinisial KR (23), FE (25), JP (39), AB (18), dan SS (47), serta seorang laki-laki berinisial FB (31). Setelah diperiksa, mereka mengaku beroperasi di kawasan Jakarta Fair Kemayoran atau Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Kombes Komarudin mengatakan, mereka berpura-pura sebagai keluarga saat di kawasan PRJ.

"Pola kerjanya mereka seperti keluarga yang memang beramai-ramai ke sana, ikut berdesak-desakan dan sistemnya saling menutupi satu sama lain," katanya.

"Kalau kami lihat dari orang-orang yang diamankan ada yang tua, ada yang muda. Selayaknya keluarga," ujarnya.

Atas perbuatannya, keenam pelaku terancam pidana Pasal 363 KUHP dengan kurungan penjara maksimal tujuh tahun.

Sebelumnya diberitakan, pengunjung pameran Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dikejutkan oleh aksi copet yang diduga dilakukan oleh sepasang pelaku paruh baya pada Jumat malam, 23 Juni.

Pelaku berhasil tertangkap saat mencuri handphone oleh korbannya dan sempat terjadi keributan di antara mereka. Kejadian ini membuat heboh pengunjung lainnya.

Seorang pria korban copet juga menemukan beberapa handphone dalam tas pelaku wanita. Pengunjung lain yang melihat dan penasaran dengan aksi copet tersebut langsung mendekati tempat kejadian. Mereka berkumpul dan menahan pelaku.

Salah satu pengunjung merekam aksi tersebut dalam video amatir yang kemudian menjadi viral di media sosial. Tidak ada petugas keamanan yang terlihat dalam video tersebut.

Pelaku wanita mencoba melarikan diri saat para pengunjung dan korban lengah. Namun, tindakannya terlihat oleh pengunjung lainnya. Ia akhirnya diamankan oleh pengunjung dan diserahkan ke petugas keamanan.