Prambanan Jazz Festival #9: Suguhkan Multi Genre Musik yang Bikin Penonton Terkenang

JAKARTA - Rangkaian Prambanan Jazz Festival 2023 pekan kedua yang berlangsung di kawasan Candi Prambanan pada 14-16 Juli ditutup dengan penampilan Dewa 19 feat Ari Lasso dan Virzha pada malam keenam.

Lagi-lagi, penonton dibuat bernostalgia lewat deretan lagu hits band yang terbentuk di Surabaya tiga dekade silam itu.

Mundur ke hari keempat lebih dulu, yang berlangsung pada Jumat, 14 Juli, Rhoma Irama dan Soneta Group feat Trio Lestari menyita perhatian banyak penonton.

Rhoma Irama feat Trio Lestari (Dok. PJF 2023)

Meskipun hari itu ada aksi D'Masiv Jazz Project, Andien, Tulus dan band rock mancanegara Vertical Horizon, si Raja Dangdut memberikan pertunjukan spesial dalam puncak acara hari keempat pada pukul 22.00 WIB.

Pada hari kelima, Sabtu, 15 Juli, kuartet instrumental neo klasik asal Australia-Inggris, Bond, menjadi primadona.

Tania Davis (biola), Eos Counsell (biola), Elspeth Hanson (biola) dan Gay-Yee Westerhoff (selo) menghibur penonton lewat nomor Victory.

Pada hari itu, sesungguhnya, Shaggydog, Yovie & Nuno, Tulus, Krakatau feat Andre Dinuth dan Barry Likumahuwa, Candra Darusman, Ahmad DHani Electric Band, Faouzia, Maliq & D'Essentials juga tak kalah memikat.

Tapi, Bond punya resep khusus untuk membuat Prambanan Jazz Festival 2023 jadi lebih berwarna dengan membawakan soundtrack berbagai film seperti milik Hans Zimmer, Batman, dan musik milik Lady Gaga.

Bond (Dok. PJF 2023)

Ini adalah kali kedua Bond tampil di Indonesia setelah yang pertama terjadi 20 tahun silam. Tentunya, aksi mereka di Prambanan Jazz Festival 2023 jadi sangat istimewa.

Pada hari terakhir, Minggu 16 Juli, Padi Reborn langsung menggebrak panggung dengan lagu Mahadewi dan Menanti Sebuah Jawaban.

Setelah Piyu sang gitaris menyanyikan lagu Harmoni, Fadli kembali mengambil alih mik untuk melantukan Kasih Tak Sampai, Sobat, dan Begitu Indah.

Padi Reborn (Dok. PJF 2023)

Seperti disebutkan pada awal tulisan ini, Dewa 19 feat Ari Lasso dan Virzha menutup rangkaian terpanjang Prambanan Jazz selama sembilan kali penyelenggarannya dengan deretan hits mereka.

Lagu Kamulah Satu-satunya pun jadi penanda bahwa Prambanan Jazz 2023 gawean Rajawali Indonesia terselenggara dengan manis dan sukses. Berbagai genre musik yang disuguhkan, benar-benar bikin penonton terkenang.

Dewa 19 feat Ari Lasso dan Virzha (Dok. PJF 2023)