14 Rumah di Agam Sumbar  Rusak Terkena Material Tanah Longsor

PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mencatat sebanyak 14 unit rumah terkena material tanah longsor di Jorong Sungai Tampang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah itu pada Kamis (13/7) malam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Ichwan Pratama Danda mengatakan material masuk ke dalam rumah warga dan ada beberapa rumah rusak tertimbun material tanah longsor.

"Sembilan kepala keluarga mengungsi ke rumah tetangga, keluarga, dan fasilitas umum, akibat rumah mereka rusak," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 14 Juli. 

"Kondisi material masuk ke rumah sekitar lima sentimeter sampai satu meter," sambungnya.

Material lumpur berbatuan menutupi akses jalan sebanyak lima titik di lokasi itu dengan panjang 150 meter dengan ketinggian 10 sampai 50 sentimeter. 

Material longsor juga membawa pohon tumbang yang menutupi akses jalan sepanjang lima meter dengan ketinggian mencapai satu meter.

"Pembersihan material sedang berjalan dengan melibatkan BPBD, Satpol PP Damkar, PMI, TNI, Polri, dan lainnya," kata Ichwan.