Skutik Honda Pesaing Yamaha Fazzio Ini Memiliki Desain Anti-Mainstream

JAKARTA - Distributor kendaraan dua Honda untuk China, Wuyang Honda, telah merilis skutik terbaru mereka, NB-X125 model 2023, dengan tampilan yang menarik.

Pada pandangan pertama, NB-X125 terlihat seperti skutik biasa dalam hal bentuk dan desain. Namun, jika diperhatikan lebih detail, motor ini memiliki desain unik di bagian depan.

Menurut laman GreatBiker, Selasa, 20 Juni, bagian depan motor memiliki enam garis berlobang yang menyerupai grill, dengan lampu yang ditempatkan di sebelah kiri dan kanan dari grill tersebut.

Tapi, berbeda dengan fungsi grill pada mobil yang berfungsi untuk mengatur suhu mesin melalui aliran udara, fungsi lubang bergrill pada NB-X125 adalah untuk meningkatkan aerodinamika motor agar berjalan lebih optimal.

Rancangan desain skutik ini terinspirasi oleh Italjet Dragster dan Suzuki SUI 125, yang juga merupakan motor yang ditujukan untuk pasar China.

Selain itu, tidak ada yang aneh pada bagian lainnya. Malah, skutik ini terlihat nyaman untuk dikendarai, dengan jarak setang yang normal dan bagian dek yang berfungsi untuk meletakkan barang.

Dalam hal fitur, NB-X125 memiliki teknologi yang sama seperti skutik pada umumnya. Terdapat panel instrumen yang masih analog dan motor harus dinyalakan menggunakan kunci.

Fitur standar lainnya termasuk lampu halogen di bagian depan dan belakang. Meskipun begitu, NB-X125 dilengkapi dengan port pengisian daya USB tipe-A dan sistem pengereman CBS.

Mesinnya hadir dalam varian standar dengan kapasitas 125 cc berpendingin udara, dengan tenaga maksimal mencapai 8,8 dk dan torsi maksimal sebesar 9,8 Nm.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Yamaha Fazzio yang memiliki mesin 125 cc, NB-X125 memiliki daya yang lebih tinggi. Yamaha Fazzio hanya menghasilkan 8,3 dk dan torsi 10,6 Nm.

Meskipun begitu, Yamaha Fazzio memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit, yaitu sekitar 56,1 km/liter. Sedangkan Honda NB-X125 memiliki konsumsi BBM sekitar 40 km per liter.

Meskipun harga resminya belum diumumkan, diperkirakan NB-X125 akan memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan model saudaranya, Honda NB-X100, yang memiliki harga sekitar 7.580 yuan atau sekitar Rp15 jutaan.