Manfaat Membangun Customer Obsession dan Caranya

YOGYAKARTA – Dalam dunia bisnis dan pemasaran, muncul berbagai istilah yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat dalam memandang sebuah produk. Salah satu yang kerap dibicarakan adalah customer obsession. Untuk membangun customer obsession perusahaan harus melakukan banyak hal.

Artikel berikut ini akan sedikit membahas tentang pengertian dan cara membangun customer obsession dari segi bisnis.

Pengertian dan Cara Membangun Customer Obsession

Ditinjau dari segi bahasa, customer obsession artinya obsesi pelanggan. Dalam konteks marketing, customer obsession merujuk pada behaviour masyarakat terhadap produk tertentu.

Pengertian customer obsession bisa dipandang dari segi konsumen maupun perusahaan. Dari segi konsumen, customer obsession adalah kondisi di mana seseorang terobsesi dengan produk tertentu. Misalnya, Anda selalu membeli merk sabun A dengan wangi lavender. Padahal di pasaran banyak sabun dengan merk lain dengan kualitas dan harum yang sama bahkan lebih dari sabun A.

Sedangkan dari sisi perusahaan, customer obsession adalah salah satu goal yang harus dicapai dengan cara meningkatkan layanan dan produk demi menghadirkan pengalaman baru sekaligus menjwab kebutuhan konsumen.

Cara Membangun Customer Obsession

Membangun customer obsession sebenarnya bisa dilakukan dengan beragam cara. Masing-masing perusahaan tentu memiliki strategi yang berbeda, baik bisnis kreatif maun konvensional. Namun secara umum customer obsession bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut ini.

  1. Berikan produk atau layanan paling maksimal

Langkah ini dilakukan untuk memberikan kualitas terbaik dari produk maupun layanan Anda, dengan begitu pelanggan merasa puas telah memilih produk atau brand perusahaan.

  1. Jalin komunikasi dengan pelanggan

Sebuah perusahaan harus menjalin komunikasi dengan pasarnya. Artinya, usahakan untuk tidak berjarak antara pasar dan perusahaan. Hal itu dilakukan untuk mempelajari masalah yang dihadapi pelanggan terhadap produk Anda.

  1. Lakukan pendekatan secara personal

Langkah ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, buat iklan yang lebih personal dengan kondisi yang umum dijumpai di tengah masyarakat. Atau bisa juga dengan mengundang perwakilan dari pelanggan dalam acara tertentu. Perusahaan juga bisa mengadakan acara gratis khusus untuk pelanggan.

  1. Tingkatkan brand awareness

Mengapa brand awareness sangat penting bagi perusahaan? Brand awareness tidak hanya sebagai media sarana iklan namun juga memperkenalkan perusahaan secara personal. Langkah ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Kesadaran merk yang tinggi di kalangan masyarakat akan membantu meningkatkan customer obsession.

  1. Bangun citra positif

Perusahaan atau brand juga harus membangun citra positif tidak hanya pada produk namun pada perusahaan secara keseluruhan. Citra positif ini akan membantu mempererat hubungan pelanggan dan perusahaan. Selain itu usahakan pula untuk tidak menjelek-jelekkan produk lain karena langkah tersebut justru akan direspon dengan buruk pula oleh customer.

Untuk mencapai customer obsession, perusahaan bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Sediakan layanan Customer Service
  2. Bangun branding lewat media digital seperti website maupun perusahaan
  3. Gelar kompetisi atau semacam pesta rakyat agar bisa bertemu dengan customer secara langsung
  4. Buah jargon atau apapun yang mudah diingat oleh customer
  5. Maksimalkan pelayanan dan kualitas produk

Itulah cara untuk membangun customer obsession. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.