Canggih dan Terjangkau, BYD Dolphin Berpotensi Picu Perang Harga di Australia

JAKARTA - BYD akan segera meluncurkan Dolphin, salah satu mobil listrik terbarunya untuk pasar Australia. Namun, peluncuran mobil dengan powertrain listrik 8-in-1 pertama yang diproduksi secara massal di dunia ini diprediksi akan memicu persaingan harga yang sengit antara produsen mobil di Australia.

Potensi ini pertama kali dilaporkan oleh The Guardian pada Minggu, 18 Juni, seperti yang dikutip oleh Antara pada tanggal yang sama. Model terbaru Dolphin dianggap sebagai mobil listrik dengan harga terjangkau namun menawarkan kualitas kelas atas di Australia.

Dalam pasar Australia, harga Dolphin diperkirakan sekitar 43.990 dolar atau sekitar Rp450 juta. Harganya lebih murah dibandingkan merek mobil Cina lainnya seperti MG dan GWM yang beredar di pasaran.

Namun, beberapa ahli mengingatkan bahwa Australia masih membutuhkan kebijakan pasar yang lebih baik untuk memastikan persaingan sehat antar-pabrikan serta memberikan edukasi yang jelas kepada konsumen mengenai harga yang adil untuk setiap model kendaraan baru.

Behyad Jafari, CEO Electric Vehicle Council Australia, menyatakan bahwa persaingan harga mobil listrik yang murah akan semakin ketat, terutama dengan komitmen pemerintah dalam memperkenalkan standar efisiensi bahan bakar.

"Kami melihat penurunan harga kendaraan listrik. Dalam waktu dekat, mobil listrik akan tersedia dengan harga sekitar 30.000 dolar Australia (sekitar Rp300 jutaan). Saat harga mencapai 40.000 dolar (sekitar Rp400 jutaan), kami perkirakan penjualan akan meningkat pesat," ujar Jafari.

Jafari menjelaskan bahwa rentang harga tersebut berbeda jauh dengan harga mobil listrik yang populer empat tahun yang lalu, yang mencapai 120.000 dolar Australia atau sekitar Rp1,2 miliar.

Sementara itu, Chris King, CEO Splend (sebuah perusahaan rental mobil), berpendapat bahwa penurunan harga mobil listrik di Australia terjadi agak lambat ketika pasar pertama kali mengenalkan segmen premium sebelum beralih ke segmen yang lebih terjangkau.

Berbeda dengan pendapat Jafari, King percaya bahwa harga Dolphin yang ditawarkan oleh BYD dapat memberikan pengaruh atau inspirasi bagi banyak produsen lain untuk memperkenalkan mobil berteknologi tinggi dengan harga yang masuk akal.

"Selama 12 bulan ke depan, saya pikir kita akan melihat hadirnya Volkswagen di sini dan beberapa produk bagus lainnya dari Kia dan Hyundai," tambah King.