Menanti Sajian Menarik Liga 1 2023/2024 dengan Format Baru

JAKARTA - Liga 1 2023/2024 akan mulai bergulir 1 Juli. Kompetisi tertinggi antar klub Indonesia itu diyakini bakal menghadirkan persaingan menarik dengan format yang baru.

Berbeda dari sebelumnya, Liga 1 2023/2024 akan menggunakan dua format berupa reguler dan championship.

"Liga ke depan (musim 2023/2024) ada format lebih cantik, ada regular series dan champions series," kata Ferry Paulus selaku Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang merupakan operator kompetisi.

Format regular akan berjalan seperti tahun sebelumnya, di mana laga akan dimainkan sebanyak 34 pekan. Sementara championship series akan dimainkan sebanyak delapan laga setelah reguler series tuntas.

Dalam acara peluncuran Liga 1 2023/2024 di Senayan, Jakarta pada Kamis 15 Juni, Ferry Paulus menjelaskan adanya championship series di musim ini merupakan salah satu cara untuk terus mengasah daya saing yang lebih menarik antar tim pemenang.

"Reguler itu 34 week, nanti empat tim terbaik dari ini akan kompetisi di championship series" katanya.

"Championship series ini untuk dapat slot di champions asia dan AFC Cup," lanjut Ferry Paulus menjelaskan.

PT LIB mengatakan hal itu tidak akan terlaksana tanpa adanya transformasi yang membuat kompetisi bisa naik kelas.

"Liga juga melakukan pembenahan lewat revolusi, baik internal maupun lewat restrukturisasi. Penting juga sarana dan prasarana di stadion diperbaiki demi bisa menyajikan tontonan menarik yang menjadikan liga naik kelas," katanya.