Para Wakil Indonesia di 16 Besar Singapore Open 2023

JAKARTA – Singapore Open 2023 kini memasuki babak 16 besar. Babak ini akan dihelat pada Kamis, 8 Juni.

Ada beberapa wakil Indonesia yang bakal berjibaku di babak ini. Satu di antaranya adalah ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Mereka sukses mengamankan tiket babak kedua Singapore Open 2023 setelah menjinakkan wakil Chinese Taipei Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan rubber game.

Bermain di Singapore Indoor Stadium, Rabu, 7 Juni malam, The Daddies kalah pada gim perdana sebelum mengunci kemenangan di dua gim berikutnya. Pertandingan pun berakhir dengan skor 19-21, 21-17, dan 21-17.

Hendra/Ahsan adalah wakil kesepuluh sekaligus terakhir Indonesia yang lolos ke babak kedua. Lolosnya The Daddies membuat ganda putra mendominasi dengan total lima wakil di babak 16 besar.

Nomor ganda putra lainnya yang ikut lolos ke babak kedua hari ini adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Keempat pasangan ganda putra di atas menyusul langkah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang sehari sebelumnya sudah terlebih dahulu lolos ke babak 16 besar usai menghentikan Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren dari Thailand.

Dari tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung juga ke babak kedua usai mengalahkan wakil Amerika Serikat Beiwen Zhang. Runner up Malaysia Masters 2023 tersebut selanjutnya akan berhadapan dengan mantan nomor satu dunia Tai Tzu Ying.

Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga melangkah ke babak kedua. Pasangan unggulan keenam ini lolos setelah mengalahkan wakil tuan rumah Jin Yu Jia/Wong Jia Ying Crystal rubber game.

Lolosnya Apri/Fadia membuat Indonesia punya dua wakil ganda putra di babak kedua ajang Super 750 BWF itu. Sebelumnya, satu tiket sudah didapat pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi pada Selasa kemarin.

Adapun di tunggal putra Indonesia tinggal berhadap pada Anthony Sinisuka Ginting. Unggulan kedua itu melaju ke babak kedua pasca menumbangkan wakil Hong Kong Ng Ka Long Angus dua gim langsung, 21-15 dan 24-22.

Kemudian di nomor ganda campuran satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa adalah pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Rinov/Pitha lolos usai menghentikan kompatriot mereka Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Selain Praveen/Melati, ganda campuran lain yang ikut tersingkir pada hari ini adalah pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Adapun kemarin Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja sudah tersingkir terlebih dahulu.

Berikut 10 Wakil Indonesia di 16 Besar Singapore Open 2023:

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari