Ganjar Pranowo Siap Fasilitasi Pengembangan Kendaraan Hemat Energi Mahasiswa di Jateng

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Menawarkan Dukungan untuk Inovasi Mahasiswa dalam Pengembangan Kendaraan Hemat Energi. Banyak mahasiswa di Jateng yang telah meraih prestasi internasional di bidang ini.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar setelah menerima kunjungan dari Shell Indonesia terkait kompetisi regional Shell ECO Marathon Asia Pacific and the Middle East 2023, di kantornya, Rabu 7 Juni.

Membanggakan

Ganjar Pranowo mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian para mahasiswa Jawa Tengah di tingkat internasional. Melalui kompetisi ini, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk menguji dan mengasah kreativitas serta inovasi mereka.

"Ini adalah karya mahasiswa yang luar biasa. Mereka mencoba untuk menunjukkan potensi kendaraan hemat energi melalui karyanya," katanya.

Inovasi yang dilakukan ini membuktikan bahwa kreativitas anak bangsa patut mendapat pengakuan dan dukungan. Dengan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), Ganjar siap memfasilitasi pengembangan temuan para mahasiswa.

"Melalui BRIDA, kami berharap dapat mendorong agar ide-ide ini dapat diimplementasikan di industri besar, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Saya sangat senang dan berterima kasih karena saya dapat melihat potensi luar biasa dari para anak muda Indonesia di panggung dunia," ujarnya.

Sementara itu, Susi Hutapea sebagai Vice President Corporate Relations Shell Indonesia mengungkapkan bahwa banyak mahasiswa Jawa Tengah yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Tahun ini, terdapat tiga perguruan tinggi dari Jawa Tengah yang berhasil mencapai tahap tiga kompetisi.

"Ada tiga universitas yang akan melaju ke tahap tiga atau tahap final di (sirkuit) Mandalika, dan salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Solo, UNS, dan Undip," kata Susi setelah kunjungan tersebut.

Dijelaskan bahwa Undip dan UNS telah berpartisipasi dalam kompetisi kendaraan masa depan ini sebelumnya. Sebagai contoh, Tim Antawirya dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang telah menciptakan karya yang luar biasa.

"Inovasi mereka berbeda setiap tahun, dan setiap tahunnya, kendaraan yang mereka hasilkan semakin efisien," ujarnya.

Undip, UNS, dan UMS akan bersaing dengan tim dari 15 negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah pada final Shell ECO Marathon 2023 yang akan diadakan pada 4-9 Juli mendatang di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, NTB. Ganjar Pranowo juga diundang untuk hadir dan menyaksikan final kompetisi tersebut.