Lewat Gelaran Amplify Indonesia, Nokia Kenalkan Teknologi Anyar Pendukung Jaringan 5G

JAKARTA - Melalui gelaran Amplify Indonesia, Nokia memperkenalkan strategi dan teknologi terbaru guna membantu penyedia layanan komunikasi dan mempercepat transformasi digital lewat jaringan 5G di Indonesia.

"Kami yakin bahwa peluang untuk perjalanan transformasi digital Indonesia sudah matang untuk peningkatan produktivitas, keberlanjutan, dan aksesibilitas yang besar serta kami sangat senang dengan peran berkelanjutan Nokia dalam mendukung mitra dan pelanggan dalam perjalanan ini," ujar Presiden Direktur Nokia Indonesia, Ozgur Erzincan di Jakarta Selatan, Rabu, 7 Juni.

"Kami berharap dapat memberikan solusi terbaik yang dibutuhkan untuk mendorong bangsa ini maju menuju masa depan," imbuhnya.

Inovasi yang dihadirkan selama acara Amplify Indonesia meliputi seluruh portofolio perusahaan, jaringan seluler, jaringan cloud, dan teknologi infrastruktur jaringan, yang dikuratori secara khusus dari partisipasi Nokia pada Mobile World Congress (MWC) 2023, di Barcelona, Spanyol.

Berikut beberapa teknologi yang menjadi fokus utama Nokia.

MX Industrial Edge

Nokia MX Industrial Edge adalah teknologi yang menggabungkan kelincahan dan kesederhanaan model edge-as-a-service dengan arsitektur edge berkinerja tinggi, tangguh, dan aman yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mission-critical dari lingkungan industri padat aset.

Teknologi ini membuka penggunaan penting bisnis untuk korporasi. Misalnya, pemantauan video feeds dan peringatan secara real-time, serta solusi analitik video tingkat lanjut untuk aplikasi penting seperti jaminan kualitas atau keamanan.

NetGuard Cybersecurity Dome

Memberikan solusi keamanan siber dengan menggunakan teknologi pre-built 5G untuk menjamin keamanan jaringan. Tim keamanan jaringan dapat memilih penggunaan 5G dari katalog komprehensif untuk mencakup seluruh teknologi telekomunikasi dari RAN hingga Transport dan Inti.

Layanan ini didasarkan pada kemampuan XDR (Extended Detection and Response) yang menghimpun, mengakumulasi, menganalisis, dan menghubungkan data keamanan dari berbagai sumber, memperkayanya dengan konteks telekomunikasi untuk membantu tim operasi keamanan dalam menilai risiko bisnis, meningkatkan pengambilan keputusan, serta mengendalikan biaya dan risiko.

Wavence Microwave Solutions

Portofolio Wavence Microwave dari Nokia adalah solusi lengkap untuk semua penggunaan yang mencakup manajemen berbasis jarak jauh, jarak pendek, E-Band, dan SDN (Software Definable Networks), baik untuk operator seluler maupun pelanggan korporasi.

Implementasi zero-footprint untuk arsitektur full-outdoor dapat diintegrasikan langsung dengan perangkat RAN dan IP dengan manajemen umum. Ini akan berkontribusi pada pengurangan konsumsi energi jaringan secara keseluruhan dan fitur perangkat lunak serta fitur otomatisasinya membantu mencapai target penghematan energi lebih lanjut.

Nokia Hadirkan Solusi Produk Optical

Produk dan solusi jaringan optik Nokia memungkinkan penskalaan tanpa batas yang memungkinkan konektivitas dasar untuk komunikasi jaringan. Solusi Nokia berskala dari jaringan edge dan melintasi tautan jarak jauh/inti dan bawah laut, sekaligus menyederhanakan operasi jaringan untuk membangun jaringan yang lebih cerdas dan otomatis yang merampingkan penyampaian layanan serta total biaya kepemilikan jaringan (TCO) yang lebih rendah.

Solusi otomatisasi jaringan Nokia membantu CSP, korporasi webscale, dan korporasi lainnya agar dapat menumbuhkan pendapatan, mempercepat penyebaran layanan, serta membangun jaringan IP dan optik yang lebih terprogram, sekaligus responsif, efisien, dan andal.

Pengembangan Chipset Nokia

Chipset ReefShark milik Nokia berfokus pada jaringan end-to-end 5G, meningkatkan kecerdasan dan kinerja antena MIMO yang masif, serta Modul Sistem AirScale.

Teknologi ini dikembangkan sendiri dengan memanfaatkan pengalaman Nokia dalam desain silikon serta keahlian pengembangan antena untuk perangkat seluler dan inovasi Nokia Bell Labs dalam Artificial Intelligence (AI) untuk mewujudkan solusi jaringan berkinerja tinggi dan efisien.

Platform berkemampuan PSE-6s Nokia dirancang untuk membantu operator jaringan memastikan jaringan transmisi optik mereka dapat diskalakan untuk memenuhi permintaan kapasitas yang meningkat secara eksponensial, memberikan layanan berkecepatan sangat tinggi secara efisien termasuk 400GE dan 800GE, sekaligus menurunkan konsumsi daya jaringan.

Terdapat pula Chipset Quillion yang mendukung GPON, XGS-PON, NG-PON2, dan Multi-PON Modules (misalnya, GPON + XGS-PON) dengan kepadatan port terdepan di industri serta kemampuan non-blocking throughput sepenuhnya.

Selain memberikan penghematan daya hingga 50 persen, meningkatkan fitur kompetitif dan menawarkan inovasi dan diferensiasi secara tepat waktu, Nokia membuat keputusan strategis untuk memanfaatkan kemampuan desain ASIC pemrosesan jaringan berkinerja tinggi yang telah terbukti dan mengembangkan Quillion.

Sementara, silikon pemrosesan jaringan FP5 Nokia memberikan lompatan generasi dalam kapasitas jaringan IP dan efisiensi daya sekaligus memperkenalkan kemampuan baru untuk melindungi lalu lintas jaringan dari ancaman keamanan FP5 yang merupakan silikon routing berkinerja tinggi pertama di industri.

Tak hanya itu, silikon pemrosesan jaringan FP5 memberikan enkripsi laju jalur terintegrasi untuk layanan jaringan L2, L2.5 dan L3 dengan kecepatan hingga 1,6 Tb/s. FP5 menetapkan tolok ukur baru untuk keberlanjutan dalam IP routing dengan pengurangan konsumsi daya sebesar 75 persen dibandingkan generasi sebelumnya.