Musim Perdana Erling Haaland di Premier League Inggris Berakhir Sangat Manis

JAKARTA - Kompetisi Premier League Inggris musim 2022/2023 berakhir pada Minggu, 28 Mei. Gelar pencetak gol terbanyak dinobatkan kepada pemain Manchester City, Erling Haaland.

Musim ini menjadi musim perdana Haaland merumput di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris. Sebelumnya Haaland berkarir di Jerman bersama Borussia Dortmund.

Di musim perdana, Haaland justru mampu menorehkan prestasi. Tak hanya mengantarkan timnya menjadi juara, dia juga menyabet status sebagai pencetak gol terbanyak.

Pada laga Minggu, 29 Mei City dapat jatah menghadapi Brentford di Community Stadium, London. Hasil akhir pertandingan itu City kalah skor 0-1 dan Haaland sejatinya tak turut dimainkan untuk membantu tim, posisinya digantikan Julian Alvarez.

Meski tak menambah pembendaharaan golnya, Haaland tetap jadi striker tertajam. Sepanjang musim ini, pemain asal Norwegia itu sudah mencetak 36 gol di Premier League Inggris.

Ia unggul atas striker Tottenham Hotspur, Harry Kane yang menempati posisi kedua dengan 30 gol.

Koleksi 36 gol juga membuat Haaland sukses memecahkan rekor gol terbanyak dalam semusim. Haaland memecahkan rekor Andy Cole dan Alan Shearer yang mengemas 34 gol.

Prestasi Haaland pada musim perdananya di Liga Inggris bukan hanya itu. Sebelumnya pemain 22 tahun itu juga menyabet beberapa trofi, satu di antaranya adalah pemain muda terbaik.

Dikutip dari situs Premier League, Haaland jadi pemain pertama yang mendapatkan dua penghargaan tersebut dalam musim yang sama.