Cara Mengatur Cahaya untuk Fotografi, Perhatikan Faktor-Faktor Berikut Ini

YOGYAKARTA - Seorang fotografer harus memahami teknik-teknik fotografi dan faktor-faktor yang berperan penting dalam pengambilan foto. Salah satu hal harus diperhatikan dalam fotografi adalah pencahayaan atau lighting. Pencahayaan akan menentukan kualitas atau baik dan buruknya sebuah foto. Lantas bagaimana cara mengatur cahaya untuk fotografi?

Fotografi bukan hanya alat untuk mendokumentasikan sebuah momen atau peristiwa. Fotografi juga adalah seni melukis dengan cahaya. Kondisi cahaya akan berdampak besar pada hasil foto. Jadi saat ingin memotret, seorang fotografer atau orang yang hobi foto harus memperhatikan cahaya yang Anda. 

Fotografer harus bisa mengatur atau memposisikan cahaya sesuai dengan kebutuhan fotonya. Bagaimana cara mengatur cahaya untuk fotografi?

Cara Mengatur Cahaya untuk Fotografi

Ada sejumlah hal yang perlu dipahami soal pencahayaan fotografi. Untuk mengatur cahaya fotografi agar maksimal atau sesuai kebutuhan, berikut ini beberapa tips hal yang perlu Anda perhatikan. 

Memahami Cahaya Tajam dan Lembut

Seorang fotografer harus memahami cahaya tajam dan lembut. Dalam fotografi, ketajaman atau kelembutan cahaya disebut dengan penumbra. Di mana ada cahaya, maka di situ ada bagian yang terang dan gelap. Bagian di antara sorotan dan bayangan inilah yang disebut dengan penumbra. 

Apabila penumbra semakin tipis, maka sorotan cahaya semakin tajam. Begitu pula sebaliknya ketika penumbra semakin tebal maka cahayanya semakin lembut. Apabila Anda ingin menghasilkan foto dengan objek yang tampak lebih tajam atau tegas, maka pastikan sorotan cahayanya cukup terang. Namun ketika ingin menghasilkan foto yang lebih soft, maka memotretlah di cahaya yang lebih lembut. 

Ukuran Sumber Cahaya

Hal lain yang juga penting Anda perhatikan adalah ukuran sumber cahaya. Apabila sumber cahayanya semakin besar, maka cahayanya semakin lembut. Ketika sumber cahayanya lebih kecil maka cahayanya semakin tajam. 

Sumber cahaya yang besar mampu menerangi area lebih luas di sekitar objek foto. Namun sorotan yang dihasilkan lebih lembut. Sementara sumber cahaya yang kecil punya jangkauan lebih sempit juga. Namun pancaran cahayanya lebih tajam.

Jarak Sumber Cahaya

Selain ukuran, jarak sumber cahaya juga sangat mempengaruhi hasil foto. Dengan menyesuaikan ukuran jarak, Anda bisa menentukan ingin mendapat cahaya lembut atau tajam. Apabila cahaya berjarak lebih dekat, maka keuntungannya adalah lebih sedikit daya yang dibutuhkan. Sementara jika cahaya berjarak lebih jauh, maka kebutuhan dayanya juga lebih besar. 

Demikianlah ulasan cara mengatur cahaya untuk fotografi. Cahaya atau lighting merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil foto yang diinginkan. Cahaya dalam fotografi bisa berasal dari cahaya alami (matahari, bulan) maupun cahaya buatan (lampu, senter, dll). 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.