Kamu Wajib Tahu, Ini 6 Makna Kesetiaan dalam Hubungan Percintaan

JAKARTA - Hubungan dan kesetiaan berjalan beriringan. Tidak ada hubungan yang bisa bertahan jika tidak ada kesetiaan. Meski pepatah ini sering diremehkan, tetapi kesetiaan adalah satu-satunya hal yang mengikat Anda dan pasangan.

Untuk memahami apa sebenarnya kesetiaan itu. Melansir Times of India, berikut enam hal yang mendefinisikan kata kesetiaan, terutama dalam hubungan percintaan.

Kejujuran

Kejujuran adalah dasar dari suatu hubungan dan komponen kunci dari kesetiaan. Anda bisa mempraktikkan kejujuran dalam hubungan pada pasangan dengan bersikap terbuka tentang perasaan, niat, dan apapun tindakan Anda. Kejujuran dapat membangun kepercayaan dan terpenting menciptakan hubungan yang sehat.

Komunikasi

Tanpa komunikasi, tidak akan ada hubungan. Komunikasi juga penting untuk loyalitas. Menjalin komunikasi berarti Anda siap bersikap terbuka dan bersedia mendiskusikan masalah atau hal apa pun dengan pasangan. Komunikasi dapat membantu mencegah kesalahpahaman dan konflik yang dapat merusak hubungan Anda dan pasangan.

Menghormati

Menghormati pasangan Anda berarti memperlakukan dia dengan kebaikan, empati, dan pengertian. Selain itu menghargai pendapat dan perasaannya meskipun Anda tidak selalu setuju dengan apa yang diungkapkan pasangan. Kurangnya rasa hormat pada pasangan biasanya jadi faktor utama kandasnya sebuah hubungan.

Kepercayaan

Selain hal-hal disebutkan di atas, kepercayaan juga jadi dasar dari kesetiaan. Tidak ada hubungan yang bisa bertahan tanpa kepercayaan.  Kepercayaan berarti percaya pada kesetiaan dan komitmen pasangan Anda terhadap hubungan kalian. Membangun dan mempertahankan kepercayaan dapat dibuktikan dengan tindakan, bukan kata-kata.

Batasan

Menetapkan batasan dengan orang lain dan menghormati batasan pasangan Anda adalah aspek penting lain dari kesetiaan. Itu berarti memperjelas tentang perilaku yang dapat dan tidak dapat diterima dalam hubungan. Suatu hubungan bisa menjadi mengerikan, mencekik, dan menyiksa jika tidak ditetapkan batasan.

Dukungan

Mendukung pasangan Anda melalui pasang surut kehidupan juga penting untuk kesetiaan. Artinya, Anda selalu ada untuk pasangan saat dia membutuhkan Anda dan menunjukkan kepadanya bahwa Anda benar-benar peduli. Tidak hanya itu, jika Anda mencintai pasangan maka mendukung dia untuk jadi pribadi yang lebih baik juga sangat penting. Ingat, sebuah hubungan melibatkan dua orang, bukan hanya satu.