Profil SSC Napoli yang Jadi Juara Liga Italia

YOGYAKARTA - Società Sportiva Calcio Napoli, ataupun biasa disebu sebagai Napoli, merupakan klub sepakbola sangat berhasil dari Italia bagian selatan serta sampai disaat ini sedang jadi regu yang diperhitungkan di Serie A. Napoli mempunyai asal usul panjang yang terentang dari pendiriannya pada tahun 1905 sebagai Naples Foot- Ball Club sampai hari ini.

Profil SSC Napoli 

Napoli berulang kali hadapi pergantian dalam asal usul keberadaannya, yang terakhir berlangsung pada tahun 2004. Klub ini barangkali sangat diketahui dikala Diego Maradona jadi pemain Napoli pada masa 1980- an sampai awal 1990- an. Bersama Maradona, Napoli sukses merebut 2 scudetto Serie A serta Coppa Italia; pada masa itu, Napoli pula sukses memenangkan Piala UEFA.

Naples Foot- Ball Club

Sepakbola pertama kali dipublikasikan di kota Naples oleh pelaut- pelaut Inggris pada awal 1900- an. Asal usul klub bisa ditarik pada William Poths, seseorang Inggris yang bertugas pada suatu perwakilan maritim bernama Cunard Lines, ia merupakan pemeran sepakbola amatir pada waktu senggangnya serta menyudahi buat mendirikan suatu klub di Italia, negara tempatnya bekerja. 

Pertemuan juga dilaksanakan di melalui San Severino 43 di Naples; Poths bersama sesama orang Inggris Mr. Bayon serta 3 masyarakat asli Naples bernama Conforti, Catterina and Amedeo Salsi membuat klub bernama Naples Foot- Ball& Cricket Club; Salsi dinominasikan jadi presiden klub yang pertama.

Kostum Napoli Pertama

Satu tahun sehabis berdiri, bagian julukan" Cricket" dihilangkan alhasil julukan klub jadi cuma Naples Foot- Ball Club. Pada tahun 1909, Sir Thomas Lipton, owner merk teh populer Lipton mendatangi Sisilia, di situ dirinya menyelenggarakan pertandingan yang disebut Lipton Challenge Cup. Dalam pertandingan ini, klub- klub dari kota Napoli serta Sisilia berjumpa tiap tahun; kebanyakan final yang terjalin mempertemukan Napoli berhadapan dengan Palermo Foot- Ball Club. Napoli memenangkan pertandingan pada masa awal dengan skor 4–2. Trofi ini direbutkan sebesar 6 kali, dengan Napoli merebutnya pada tahun 1911 serta 1914. 

Fakta Menarik SSC Napoli 

1. Sepanjang sejarah, Napoli baru memenangkan 3 gelar scudetto. Dua gelar (1986–87, 1989–90) sebelumnya diraih saat Napoli masih diperkuat oleh legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona.

2. Napoli harus melalui penantian yang cukup panjang untuk kembali merasakan gelar ini. Butuh 33 tahun bagi  I Partenopei mengulang kejayaan 1989/90 lalu. Hanya AS Roma satu-satunya tim yang merasakan penantian lebih lama dari Napoli, yakni 41 tahun sejak tahun 1942 ke 1983.

3. Napoli kini masuk dalam daftar klub yang mampu mengunci gelar saat Serie A masih menyisakan lima laga lagi. Ini merupakan rekor bersama yang tercipta dalam sejarah perjalanan Liga Italia.   

Jadi setelah mengetahui profil SSC Napoli, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!