Yamaha Janus, Kembaran Yamaha Grand Filano dari Vietnam

JAKARTA - Yamaha merupakan salah satu pabrikan roda dua yang terdepan dalam memproduksi motor skutik. Termasuk memproduksi skutik modern bergaya retro.

Di Indonesia, Yamaha sudah mengenalkan skutik modern bergaya retro melalui Yamaha Fazzio maupun Grand Filano. Kedua skutik tersebut memiliki desain mirip Vespa dengan melengkapi gaya hidup modern pengendara sesuai tren masa kini.

Yamaha Grand Filano juga memiliki saudara jauh yang memiliki desain yang serupa, yakni Yamaha Janus untuk pasar Vietnam.

Meskipun mengusung tema retro, fitur yang disematkan tentunya tidak tertinggal zaman. Janus disematkan fitur berupa Stop Start System, starter seamless SMG, dan bisa terhubung dengan aplikasi My Yamaha Motor pada gawai.

Yamaha Janus juga menawarkan daya pacu yang tidak kalah dari saudara jauhnya. Dibekali mesin 125 cc Blue Core, skutik ini mampu menghasilkan daya 9,38 dk dan torsi 9,6 Nm.

Meskipun demikian, Janus tidak mengusung teknologi hybrid seperti halnya Fazzio maupun Grand Filano.

Dari segi dimensi pun juga terdapat perbedaan. Janus memiliki ukuran yang lebih kecil dari Grand Filano dengan panjang 1.850 mm, lebar 705 mm, serta tinggi 1.120 mm.\

Sebagai pembanding dengan saudaranya, Yamaha Janus dihargai dengan 29 juta VND (mata uang Vietnam) atau kisaran Rp18,2 jutaan. Ini lebih murah bila dibandingkan dengan Grand Filano yang seharga Rp27 juta (OTR) Jakarta.