Generasi Keempat Mazda 3 dengan Teknologi CX-60 dan CX-90

JAKARTA - Mazda meluncurkan model 3 untuk edisi 2024. Hatchback terbaru ini akan dibekali beberapa teknologi yang sudah ada dalam Mazda CX-60 dan CX-90.

Dikutip dari Carscoops, Kamis, 6 April, Mazda 3 2024 mendapatkan pembaruan pada bagian layar dasbor terutama layar infotainmen baru yang terlihat seperti yang ada di SUV mewah. Model tersebut disematkan layar berukuran 10,25 inci, ini lebih kecil daripada sebelumnya yang berukuran 12,3 inci. 

Seperti layar pada mobil Mazda lainnya, ini hanya berfungsi sebagai pengontrol putar di konsol atau melalui perintah suara kecuali saat sedang melakukan parkir.

Untuk entry-level, mobil ini dilengkapi soket pengisian daya USB-A lama, sedangkan untuk varian mewah mendapatkan port USB-C yang lebih terkini dan Apple CarPlay.

Ada beberapa fitur teknologi yang berguna pada Mazda 3 mulai kemampuan menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh yang dilengkapi transmisi otomatis dari gawai pengguna. Lalu, dalam aplikasi MyMazda, pengguna juga dapat mengatur suhu kabin sebelum berkendara dan aplikasi juga akan mengirimkan peringatan jika mobil melaju melebihi kecepatan.

Lalu pada bagian luar, pembaruan pada Mazda 3 hanya pada bagian warna cat terbaru "Ceramic Metallic".

Mazda belum memberikan konfirmasi mengenai penjualan model 3 terbaru berlaku pada wilayah Eropa dan Amerika Utara atau tidak. Namun, mereka mengatakan akan merilisnya pada bulan Juni di Jepang dan Juli untuk Australia.

Untuk harga, generasi keempat Mazda 3 ini akan dibanderol seharga 2,2 juta yen hingga 3,8 juta yen (sekitar Rp257,6 juta hingga Rp435,5 jutaan).