Gara-gara Kompor Ditinggal Waktu Memasak, 40 Rumah di Kedoya Utara Terbakar

JAKARTA - Kebakaran melanda permukiman di Jalan Pesing Koneng, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Selatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 40 rumah terdampak kebakaran tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkapkan, penyebab kebakaran adalah kompor pada salah satu rumah di sana yang ditinggal waktu api menyala.

"Kebakaran di Kelurahan Kedoya Utara terjadi pada Kamis, 6 April 2023 pukul 21.03 WIB. Penyebabnya kompor yang ditinggal waktu memasak," kata Isnawa dalam keterangannya, Jumat, 7 April.

Saat ini, api telah padam. Kini, ada 100 warga yang mengungsi akibat rumahnya dilahap api. Rinciannya, 39 oeang laki-laki, 30 orang perempuan, 10 orang balita, 18 anak-anak, 2 orang ibu hamil, dan 1 orang penyandang disabilitas.

"Terkait kerugian material, saat ini masih dilakukan pendataan," ujar Isnawa.

Sejauh ini, BPBD telah mendirikan posko pengungsian bagi korban terdampak kebakaran. Pagi ini, Pemprov DKI juga telah menyalurkan bantuan mulai dari air mineral, makanan siap saji, mi instan, dan makanan ringan.

Selain itu, disalurkan juga perlengkapan ibadah, terpal, matras, selimut, handuk, pakaian, dan perlengkapan anak-anak.

Lebih lanjut, Isnawa menuturkan tim BPBD dan PPSU DKI Jakarta akan membersihkan sisa material kebakaran berupa puing-puing bangunan, sampai, dan yang lainnya pada Sabtu, 8 April dan Minggu, 9 April.

"Saya juga ingatkan warga agar berhati-hatu terhadap bangunan dan tembok yang rawan menimpa warga. Mengingat, banyak kaca, kawat, hingga paku yang membahayakan warga dan anak-anak," imbuhnya.