Toyota Ajukan Paten Inovasi Airbag Terbaru di AS

JAKARTA- Insinyur Honda baru saja mendapatkan penghargaan atas desain inovasi atas airbag terbaru Honda dan tampaknya pengembangan desain airbag juga terus berlanjut dilakukan semua pabrikan mobil.

Baru-baru ini, Toyota mengajukan paten atas desain airbag terbaru mereka di Kantor Paten dan Merek Dagang AS seperti dkutip dari CarBuzz, Selasa, 4 April.  Desain airbag baru Toyota ini tidak hanya akan melindungi kepala pengendara atau penumpang dari cedera tetapi juga akan melindungi dan menopang leher dan bahu ketika terjadi tabrakan.

Airbag ini memiliki desain yang unik karena menggunakan dua bagian yang dipasang di kedua sisi kabin mobil, tepat di atas jendela depan. Ketika mobil mengalami tabrakan, airbag akan terbuka dan mengembang dengan cepat untuk membentuk "kunci kepala" yang akan memegang kepala pengemudi dan penumpang dengan erat.

Toyota percaya bahwa teknologi baru ini akan membantu mengurangi risiko cedera kepala dan leher dalam kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi. Dalam pengujian, airbag "headlock-style" terbukti sangat efektif dalam meminimalkan gerakan kepala dan leher selama tabrakan, yang pada akhirnya dapat mengurangi risiko cedera serius dan fatal.

Namun, ada beberapa kekhawatiran tentang efektivitas airbag baru ini dalam situasi kecelakaan yang melibatkan lebih dari dua penumpang. Selain itu, biaya produksi airbag baru ini mungkin lebih mahal daripada model airbag konvensional saat ini.

Ketika dibandingkan dengan inovasi airbag lainnya, seperti airbag Hyundai, skor keselamatan dari desain ini lebih tinggi.

Menurut pengajuan paten, airbag baru ini dirancang untuk bekerja bersama-sama dengan airbag depan, samping, sehingga akan melakukan fungsi keselamatan tambahan daripada mengganti airbag yang tersedia saat ini. 

Nah, karena biaya produksinya cukup mahal, diperkirakan airbag terbaru Toyota ini akan debut di model kelas atas, seperti Lexus LS masa depan, dan setelah itu berlanjut ke model mobil Toyota lain yang lebih terjangkau.