Ganjar Pranowo Telepon Wayan Koster Bahas World Beach Games di Bali, Bakal Bernasib Sama dengan Piala Dunia U-20?

JAKARTA – Ajang internasional ANOC World Beach Games 2023 di Bali bisa saja terancam batal terlaksana. Ini terkait dengan keikutsertaan tim Israel dalam perhelatan tersebut.

Bayang-bayang ANOC Beach Games 2023 akan bernasib sama dengan Piala Dunia U-20 pun sudah terlihat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku telah menelpon Gubernur Bali I Wayan Koster untuk membahas keikutsertaan kontingen Israel di ajang itu. Kedua tokoh ini sebelumnya paling getol menolak Israel tampil di Piala Dunia U-20.

Penolakan mereka membuat FIFA kemudian mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah. Oleh karena itu, besar kemungkinan kehadiran Israel di World Beach nanti bisa saja kembali mendapat penolakan.

Ganjar dalam wawancara dengan jurnalis Najwa Shihab mengatakan, dirinya sudah menelpon Wayan Koster dan menanyakan keikutsertaan Israel di ajang internasional tersebut.

"Israel ikut, lho. Tolong diomongkan (dari) sekarang agar kemudian kita punya cara-cara yang bisa dilakukan dengan lebih baik. Tidak mengundang respons-respons yang akan merugikan kepentingan nasional kita. Nanti ribut. Nanti ramai,” kata Ganjar.

Edisi kedua ANOC World Beach Games bakal digelar di Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Pada ajang tersebut, kontingen Israel dipastikan menjadi salah satu peserta di beberapa nomor seperti basket 3x3 dan renang.

Kehadiran Israel ini membuat ajang tersebut terancam dibatalkan jika Wayan Koster konsisten dengan sikapnya perihal Israel. Dia sebelumnya bersama Ganjar juga menolak Israel bermain di wilayah pemerintahan mereka sehingga FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia.