Profil Esha Rahmanshah Abrar, Pegawai Kemensetneg yang Disorot karena Istrinya Rajin Pamer Harta di Medsos

YOGYAKARTA – Profil Esha Rahmanshah Abrar saat ini menuai sorotan dari masyarakat karena istrinya rajin pamer harta kekayaan atau pamer perilaku hedonisme di media sosial salah satunya berupa mobil mewah dengan harga ratusan juta rupiah. Masyarakat kemudian mempertanyakan harta yang didapat oleh Esha.

"Masha Allah baru x ini beli mobil gak diniatin gegara terpesona lihat mobil kuning di Jalan Lenteng Agung tadi siang," tulis istri Esha Rahmanshah di akun media sosialnya.

Gaya hidup mewah yang diunggah oleh Olivia, istri Esha Rahmanshah Abrar juga berujung pada penonaktifan sang suami secara sementara dari jabatannya di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Lalu siapa sebenarnya Esha Rahmanshah Abrar?

Profil Esha Rahmanshah Abrar

Seperti diketahui, Esha Rahmansah Abrar adalah salah satu pegawai di Kemensetneg. Di situs resmi Kemensetneg disebutkan bahwa di kementerian tersebut ia duduk sebagai Kepala Subbagian Administrasi Bangunan, Bagian Bangunan, Biro Umum, Sekretariat Kementerian berpangkat golongan III/C.

Namun belakangan diketahui bahwa jabatan Esha menjadi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg golongan IV/A.

Berdasarkan golongan kepangkatan tersebut, gaji Esha Rahmanshah yang golongan III/C adalah sekitar Rp2.802.300 sampai Rp4.602.400. Sedangkan untuk golongan IV/A sekitar Rp3.044.300 hingga Rp5.000.000.

Tak banyak informasi terkait Esha, namun beberapa media mengatakan bahwa ia merupakan pria kelahiran 14 Oktober 1980. Sedangkan jabatan yang diemban sebelum masa nonaktif adalah Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg.

Kronologi penonaktifan Esha Rahmanshah Abrar dimulai dari flexing yang dibagikan oleh Olivia, istri Esha. Lewat media sosial Instagramnya @vhia_esa membagikan struk pembelian mobil mewah seharga ratusan juta rupiah. Unggahan tersebut kemudian menuai sorotan dari warganet. Bahkan video Olivia dibagikan lagi oleh akun Twitter bernama @PartaiSocmed pada 18 Maret 2023.

Berdasarkan pantauan saat ini akun @vhia_esa telah hilang. Namun akun @PartaiSocmed membagikan unggahan Olivia. Dalam unggahan nampak struk pembelian mobil MG 5 GT Magnify dengan harga Rp408 juta.

Akun @PartaiSocmed juga membagikan harta mewah lain yang juga dibagikan Olivia sebelumnya. Beberapa barang tersebut seperti dua mobil mewah, berlian, emas batangan, rumah mewah, tas branded, hingga ruangan di rumah mewah.

Di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, harta kekayaan Esha Rahmanshah Abrar sendiri tak ditemukan. Hal ini makin menimbulkan kecurigaan masyarakat terhadap Esha Rahmanshah Abrar.

Terkait hal tersebut, pihak Kemensetneg kemudian menonaktifkan Esha Rahmansah Abrar secara sementara. Hal ini sebagaimana diumumkan oleh Karo Humas Kemensetneg.

"Sehubungan dengan berkembangnya polemik di media sosial terkait flexing atau pamer harta dari istri salah seorang pejabat Kemensetneg, Sdr. Esha Rahmansah Abrar (Kasubag Administrasi Kendaraan Biro Umum Kemensetneg)," ujar Karo Humas Kemensetneg Eddy Cahyono lewat rilis resmi, Minggu.

Kemensetneg juga membentuk tim verifikasi internal untuk melakukan pemeriksaan terhadap harta kekayaan Esha serta ASN lain di lingkungan kerja Kemensetneg. Pihak kementerian juga berkoordinasi dengan KPK, PPATK, dan lembaga lain untuk mendapat fakta dan data untuk menyelidiki harta pejabat yang tidak wajar.

Setelah itu Kemensetneg akan menyampaikan hasil penemuan mereka ke publik sebagai komitmen kementerian untuk mendukung pemberantasan KKN dan praktik kejahatan lain yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku.

Selain terkait profil Esha Rahmanshah Abrar, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.